Seperti Manusia, Hewan Mamalia Betina Hidup Lebih Lama dari yang Jantan

Kompas.com - 24/03/2020, 20:35 WIB
Ilustrasi paus pembunuh (Orca whale) berenang di lautan lepas. Ilustrasi paus pembunuh (Orca whale) berenang di lautan lepas.

KOMPAS.com - Rata-rata manusia perempuan diketahui hidup 7.8 persen lebih lama daripada laki-laki.

Rupanya, hal ini tidak eksklusif terjadi pada manusia saja.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy Of Sciences mengungkapkan bahwa hewan mamalia betina juga kebanyakan hidup lebih lama daripada pejantannya. Bahkan, rata-rata hidup 18,6 persen lebih lama.

Para peneliti menemukan hal ini setelah mengamati 101 spesies mamalia liar yang hidup di 135 lokasi berbeda.

Dalam 60 persen kasus, seperti singa, orca dan anjing laut; mamalia betina ditemukan hidup lebih lama daripada pejantan spesiesnya.

Baca juga: Memiliki Banyak Virus, Bagaimana Kelelawar Bisa Hidup Sangat Lama?

Pengecualiannya hanya beberapa spesies saja, seperti kuda, kelelawar dan kelinci. Itu pun dengan magnitudo yang jauh lebih rendah, atau perbedaan lama hidup pejantannya dengan betinanya tidak terlalu signifikan.

Dalam laporannya, para peneliti menulis, kami tidak menemukan adanya perbedaan jenis kelamin yang konsisten pada tingkat penuaan.

"Perbedaan seks pada median waktu hidup dewasanya dan tingkat penuaan juga sama-sama sangat bervariabel pada berbagai spesies," imbuh mereka lagi.

Tim peneliti pun menyimpulkan bahwa perbedaan waktu hidup antara betina dan pejantan ini mungkin disebabkan oleh lingkungan dan peran reproduksi hewan tersebut.

Baca juga: Sains Jelaskan Kenapa Orang Religius Lebih Sehat dan Hidup Lama

Diwawancarai oleh CNN, Senin (23/3/2020); salah satu penulis studi Jean-François Lemaître yang juga peneliti di Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Perancis menjelaskan.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Sumber CNN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X