Tak Perlu Cemas, Ini Cara Jelaskan Virus Corona pada Anak

Kompas.com - 24/03/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi salah satu pendekatan yang dapat dilakukan orangtua dalam memberi pemahaman tentang wabah virus corona kepada anak. ShutterstockIlustrasi salah satu pendekatan yang dapat dilakukan orangtua dalam memberi pemahaman tentang wabah virus corona kepada anak.


KOMPAS.com - Sejak ditetapkan menjadi pandemi global, virus corona terus menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Bahkan, mungkin semakin sering ditanyakan oleh anak.

Wabah virus corona yang menyebabkan ratusan ribu orang terinfeksi dan ribuan orang meninggal dunia karena Covid-19, telah memaksa masyarakat di dunia untuk tetap berada di rumah.

Tak terkecuali anak-anak, yang semestinya belajar di sekolah, harus tetap berada di rumah untuk mengikuti anjuran social distancing.

Upaya ini dilakukan sebagai bagian pencegahan terhadap penularan virus corona yang semakin mudah menyebar.

Baca juga: Dilema Mitigasi Kroasia, antara Gempa dan Lockdown Virus Corona

Pertanyaan-pertanyaan kecil seputar virus corona, pasti menjadi hal yang mulai sering ditanyakan anak-anak.

Kendati demikian, orangtua juga mesti dapat bijak dalam menyampaikan tentang pengertian vdari wabah virus ini.

Melansir Science Alert, Selasa (24/3/2020), berikut ini beberapa panduan yang dapat dilakukan orangtua dalam memberikan informasi yang tepat kepada anak tentang wabah virus corona.

Baca juga: Ilmuwan AS Kembangkan Tes Darah Deteksi Antibodi terhadap Virus Corona

Jujur dan Apa Adanya

Otak anak yang masih berusia lima tahun, akan m=sulit memahami apa itu model iklim, epidemiologi dan politik skala besar.

Namun, menghindari masalah sampai mereka remaja, tidak akan memberikan mereka pelajaran tentang perilaku dan keyakinan yang dapat ditanamkan kepada mereka.

Kuncinya, mulai dengan apa yang mereka ketahui dan menggunakannya sebagai dasar untuk menjawab pertanyaan mereka. Selanjutnya, tambahkan fakta berdasarkan pengalaman dan bahasa yang akrab dan mudah dimengerti oleh anak.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X