Karena Virus Corona, NASA Tunda Peluncuran Misi Baru Artemis ke Bulan

Kompas.com - 23/03/2020, 19:32 WIB
Ilustrasi astronot NASA dalam misi Artemis yang akan kembali ke Bulan pada tahun 2024 mendatang. Akibat wabah virus corona, pembuatan roket atau wahana antariksa, Orion harus ditunda. NASAIlustrasi astronot NASA dalam misi Artemis yang akan kembali ke Bulan pada tahun 2024 mendatang. Akibat wabah virus corona, pembuatan roket atau wahana antariksa, Orion harus ditunda.


KOMPAS.com - Badan Antariksa Amerika ( NASA) harus menunda misi baru para awak Artemis ke Bulan, karena wabah virus corona yang semakin meningkat.

Melansir Science Alert, Senin (23/3/2020), jumlah kasus infeksi virus corona, SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19 terus meningkat secara global.

Bahkan, dilaporkan sejumlah pekerja yang berada di pusat pembuatan roket untuk misi ini terinfeksi virus corona tersebut.

NASA menutup Michoud Assembly Facility di New Orleans, di mana roket Space Launch System itu sedang dibangun.

Baca juga: NASA Rekrut Astronot untuk Misi ke Bulan dan Mars, Ini Kriterianya

Selain itu, badan antariksa juga menutup Stennis Space Center yang berada di dekat Space Launch System, seperti disampaikan administrator NASA, Jim Bridenstine.

"Perubahan di Stennis dibuat karena meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di komunitas sekitar pusat, jumlah kasus isolasi diri dalam tenaga kerja kami di sana, dan satu kasus yang dikonfirmasi di antara tim Stennis kami," ungkap Bridenstine.

Bridenstine mengatakan NASA akan menghentikan sementara produksi dan pengujian di Space Launch System dan perangkat keras (hardware) Orion. 

Wahana antariksa, Orion Spacecraft untuk misi Artemis ke Bulan di NASA?s Plum Brook Station.
Wahana antariksa, Orion Spacecraft untuk misi Artemis ke Bulan di NASA?s Plum Brook Station.

Orion adalah wahana antariksa milik NASA yang akan digunakan untuk membantu misi Artemis di Bulan.

NASA dan tim kontraktor akan menyelesaikan sistem shutdown yang ditempatkan pada semua perangkat dalam kondisi yang aman, sampai pekerjaan tersebut dapat dilanjutkan.

Space Launch System merupakan roket luar angkasa yang sangat kuat untuk mengangkut para astronot ke Bulan.

Baca juga: Mungkinkah Stasiun Luar Angkasa jadi Tempat Teraman dari Virus Corona?

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X