25 Tahun Pencarian, Peradaban Suku Maya Ditemukan di Selatan Meksiko

Kompas.com - 23/03/2020, 20:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Setelah pencarian lebih dari seperempat abad, para arkeolog akhirnya menemukan pusat kota bekas peradaban Suku Maya, yaitu Sak Tz’i’.

Meski begitu, orang yang pertama kali menemukan reruntuhan Sak Tz’i’ bukanlah arkeolog. Seorang warga lokal Meksiko di Chiapas, Meksiko, dengan tidak sengaja menemukan peninggalan kuno sebesar 0,6 x 12 meter di dekat Lacanja Tzeltal.

Inskripsi pada tablet tersebut merupakan gambaran mitos, puisi, dan sejarah yang merefleksikan tradisi Suku Maya. Termasuk gambar ular air, dewa-dewa yang belum dikenal, banjir, kelahiran, kematian, dan peperangan. Hal tersebut diteliti oleh sekelompok ilmuwan di Brandeis University, Massachusetts.

Baca juga: Goa Bawah Air Terpanjang di Dunia Ungkap Jejak Suku Maya

Melansir Live Science, Senin (23/3/2020), Sak Tz’i’ terletak di perbatasan negara Meksiko dan Guatemala. Charles Gordon, Associate Professor of Anthropology di Brandeis University mengatakan kota tersebut ditempati lebih dari 1.000 tahun sejak dibangun pada 750 SM.

Lamanya kota tersebut ditempati merupakan berkat adanya benteng yang mengelilinginya. Ilmuwan menemukan bukti bahwa kota ini terlindung oleh sungai dengan lanskap ekstrem pada satu bagian, dan benteng tinggi di bagian yang lain.

Selain itu, para peneliti juga menemukan pahatan yang menceritakan bahwa kota tersebut dilahap api saat berperang dengan kerajaan lawan.

Penemuan kota Sak Tzi di Meksiko.Charles Gordon/Brandeis University Penemuan kota Sak Tzi di Meksiko.

Reruntuhan piramida

Sejak penggalian dimulai pada musim panas 2018, para ilmuwan menemukan beberapa bukti yang menggambarkan kondisi politik agama, dan perekonomian pada Kota Sak Tz’i’. Penemuan ini termasuk peninggalan piramida, sebuah istana, dan lapangan bola.

Salah satu peninggalan yang paling besar adalah reruntuhan piramida yang dulunya berdiri setinggi 14 meter. Piramida tersebut tampak dikelilingi oleh struktur bangunan yang tampak seperti bangunan religius dan tempat tinggal mewah.