Sembuh dari Covid-19, Pria Jepang Kena Corona Lagi, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 23/03/2020, 17:32 WIB
Ilustrasi pasien virus corona dalam masa penyembuhan penyakit Covid-19. ShutterstockIlustrasi pasien virus corona dalam masa penyembuhan penyakit Covid-19.


KOMPAS.com - Setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan beraktivitas seperti biasa, seorang pria Jepang dilaporkan kembali dirawat karena positif terinfeksi lagi virus corona.

Pada 14 Februari lalu, pria Jepang berusia 70 tahun terkena Covid-19 dan dirawat di sebuah rumah sakit di Tokyo.

Setelah sembuh dari penyakit yang menyerang organ paru ini, beberapa hari kemudian dia kembali sakit dan mengalami gejala demam.

Saat kembali ke rumah sakit untuk memeriksakan diri dan melakukan tes, hasilnya, virus corona kembali menginfeksi tubuhnya.

Baca juga: Mengapa Banyak Pasien Covid-19 Meninggal di Italia?

Seperti melansir dari BBC Indonesia, Senin (23/3/2020), kasus ini kembali dilaporkan media publik Jepang dan membuat waspada para ahli, peneliti dan ilmuwan.

Sebab, banyak anggapan bahwa seseorang tidak bisa terinfeksi Covid-19 sebanyak dua kali, setidaknya dalam waktu berdekatan.

Namun, beberapa negara seperti Inggris, sempat menerapkan pendekatan herd immunity, sebagai strategi untuk penanganan pandemi virus corona ini.

Melalui pendekatan tersebut, diharapkan sebagian besar populasi dapat mengembangkan kekebalan alami sesudah terpapar virus corona, SARS-CoV-2 ini.

Baca juga: WHO: Strategi Lockdown Tak Mampu Perangi Virus Corona

Kendati demikian, pada kasus pria Jepang, skenario tersebut memunculkan keraguan.

Oleh karena itu, komunitas ilmuwan mulai fokus memecahkan permasalahan tentang seberapa mungkin tubuh dapat mengembangkan kekebalan alami setelah pasien sembuh dari penyakit Covid-19 ini.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X