Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Penyebab Bayi dalam Kondisi Sungsang?

KOMPAS.com - Bayi dalam posisi sungsang terjadi ketika kepala bayi di dalam rahim berada di atas, sedangkan kakinya mengarah ke jalan rahim. 

Pada kehamilan "normal", bayi secara otomatis akan membalikkan badannya hingga ke posisi menunduk untuk bersiap menjelang kelahiran. Dengan demikian, bayi yang sungsang memberi tantangan tersendiri bagi ibu dan sang bayi.

Penyebab bayi sungsang

Menurut American Pregnancy Association, ada banyak hal yang dapat menyebabkan posisi bayi salah di dalam rahim, di antaranya adalah:

Pengaruh bayi sungsang terhadap kehamilan

Umumnya, bayi dalam posisi sungsang tidak memengaruhi kehamilan. Kebanyakan bayi sungsang pun dilahirkan dalam kondisi sehat, meski ada sedikit peningkatan risiko cacat lahir.

Selain itu, karena posisi yang tidak biasa, gerakan bayi sungsang dapat terasa sedikit berbeda. Misalnya, ibu mungkin merasakan tendangan bayi di bagian perut lebih bawah atau ada benjolan di dekat tulang rusuk, yang merupakan kepala bayi.

Untuk proses persalinan, biasanya, tenaga medis merekomendasikan operasi caesar karena persalinan pervaginam bisa menjadi lebih rumit dan mungkin berbahaya. Berikut adalah beberapa kemungkinan risiko melahirkan bayi sungsang melalui vagina:

Sebaiknya, bicarakan dengan dokter kandungan terkait kekhawatiran akan bayi dalam posisi sungsang, termasuk komplikasi dan skenario persalinan.

https://www.kompas.com/sains/read/2023/11/22/170000823/apa-penyebab-bayi-dalam-kondisi-sungsang-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke