Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Genetika, Cabang Biologi yang Mempelajari Pewarisan Sifat

KOMPAS.com - Genetika adalah cabang biologi yang mempelajari pewarisan sifat pada organisme maupun suborganisme.

Para ahli di bidang genetika mengamati bagaimana kualitas atau sifat tertentu diturunkan dari orangtua ke keturunannya sebagai akibat dari perubahan urutan DNA.

Apa itu gen?

Dilansir dari National Institute of General Medical Science, gen adalah segmen DNA yang berisi instruksi untuk membangun satu atau lebih molekul yang membantu tubuh bekerja. 

DNA berbentuk seperti tangga memutar, yang disebut heliks ganda. 

Dua rel tangga disebut tulang punggung dan anak tangga adalah pasangan dari empat blok bangunan (adenin, timin, guanin, dan sitosin) yang disebut basa. Urutan basa ini memberikan instruksi untuk membangun molekul, yang sebagian besar adalah protein. 

Dalam hal ini, para peneliti memperkirakan bahwa manusia memiliki sekitar 20.000 gen.

Semua materi genetik suatu organisme, termasuk gennya dan elemen lain yang mengontrol aktivitas gen tersebut adalah genom. 

Seluruh genom organisme ditemukan di hampir semua selnya. Dalam sel manusia, tumbuhan, dan hewan, genom ditempatkan dalam struktur yang disebut nukleus.

Genom manusia sebagian besar sama pada semua orang hanya dengan variasi kecil. 

Mengapa para ilmuwan mempelajari gen organisme lain?

Semua makhluk hidup diyakini berevolusi dari nenek moyang yang sama. Oleh sebab itu, manusia, hewan, dan organisme lain memiliki banyak gen yang sama dan molekul yang dibuat dari mereka berfungsi dengan cara yang sama.

Para ilmuwan menemukan banyak gen yang telah diawetkan selama jutaan tahun evolusi dan hadir dalam berbagai organisme yang hidup hari ini. 

Para ilmuwan dapat mempelajari gen yang diawetkan ini dan membandingkan genom spesies yang berbeda untuk mengungkap persamaan dan perbedaan yang meningkatkan pemahaman mereka tentang bagaimana gen manusia berfungsi dan dikendalikan.

Pengetahuan ini membantu para peneliti mengembangkan strategi baru untuk mengobati dan mencegah penyakit pada manusia.

Para ilmuwan juga mempelajari gen bakteri, virus, dan jamur untuk solusi mencegah atau mengobati infeksi. 

Secara luas, penelitian di bidang ini menawarkan wawasan tentang bagaimana mikroba di dalam dan di dalam tubuh memengaruhi kesehatan manusia.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/10/04/202604523/mengenal-genetika-cabang-biologi-yang-mempelajari-pewarisan-sifat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke