Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER SAINS] Gempa Bayah M 5,5 Guncang Banten | 10 Tanda Ginjal Tidak Sehat | Daftar Vaksin Booster | Arti Simbol Segitiga pada Botol Plastik

KOMPAS.com - Gempa Bayah yang mengguncang wilayah Banten dan terasa hingga Jakarta hingga Pelabuhan Ratu berkekuatan M 5,5 menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Jumat (4/2/2022).

Menurut analisis gempa BMKG, gempa Bayah berpusat di laut pada jarak 63 km arah Barat Daya Bayah, Banten, pada kedalaman 55 km.

Gempa yang terjadi Jumat (4/2/2022) pukul 17.10 WIB, guncangannya terasa hingga Jakarta dan Pelabuhan Ratu, namun tidak berpotensi tsunami.

Selanjutnya, artikel tentang kesehatan ginjal juga menjadi berita populer Sains yang banyak dibaca. Ada 10 tanda ginjal tidak sehat, yang perlu Anda waspadai. Dari mulai lelah hingga urine yang berbusa.

Vaksinasi booster sudah dimulai di Indonesia. Ada beberapa vaksin booster yang digunakan. Daftar vaksin booster sesuai vaksin primer yang dipakai di Indonesia menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Jumat hingga Sabtu (5/2/2022) pagi.

Bagian bawah botol plastik selalu memiliki tanda segitiga dengan berbagai kode yang tertulis. Arti simbol segitiga pada botol plastik menunjukkan, mana botol yang aman digunakan.

Rangkuman berita-berita populer Sains sepanjang Jumat (4/2/2022) hingga Sabtu (5/2/2022) ini dapat disimak berikut ini.

Gempa Bayah M 5,5 guncang Banten

Berdasarkan hasil analisis gempa BMKG, gempa Bayah berkekuatan M 5,5 memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,2.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, episenter atau pusat gempa bumi berada di laut pada jarak 63 Km arah Barat Daya Bayah, Banten pada kedalaman 55 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi batuan pada kerak samudra Lempeng Indo-Australia," kata Bambang.

Bambang menjelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa Bayah hari ini, memiliki mekanisme pergerakan geser turun (oblique normal).

Kendati gempa Bayah Banten berpusat di laut, hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Namun, dampak getaran akibat guncangan gempa Bayah ini dapat dirasakan di sejumlah wilayah dengan skala intensitas bervariasi.

Selengkapnya, mengenai berita analisis gempa Bayah, salah satu berita populer Sains ini dapat disimak di sini.

10 tanda ginjal tidak sehat

Ada beberapa gejala fisik yang menjadi tanda ginjal tidak sehat. Namun, terkadang, gejala tersebut dihubungkan dengan kondisi lain.

Selain itu, orang yang memiliki penyakit ginjal cenderung tidak mengalami gejala hingga tahap yang sangat lanjut.

Menurut Dr. Joseph Vassalotti, Kepala Petugas Medis di National Kidney Foundation, inilah alasan mengapa hanya 10 persen orang dengan penyakit ginjal kronis yang mengetahui bahwa mereka mengidap penyakit tersebut.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah seseorang memiliki penyakit ginjal adalah dengan melakukan tes.

Beberapa tanda ginjal tidak sehat, antara lain, mudah lelah, kurang energi, atau sulit konsentrasi, sulit tidur, kulit kering dan gatal hingga buang air kecil lebih sering.

Lebih lengkap mengenai 10 tanda ginjal tidak sehat, dapat dibaca di sini.

Daftar vaksin booster sesuai vaksin primer

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah resmi menambah jenis vaksin booster atau dosis lanjutan yang digunakan di Indonesia, yaitu vaksin Sinopharm. Ada enam jenis vaksin booster yang digunakan di Indonesia.

Vaksin dengan nama SARS-CoV-2 Vaccine (Vero Cell), Inactivated, produksi Beijing Bio-Institute Biological, China, telah didaftarkan PT Kimia Farma untuk penggunaan booster homolog kepada usia dewasa 18 tahun atau lebih, yang telah menerima dosis primer lengkap sekurang-kurangnya 6 bulan.

Sebelumnya, BPOM telah memberikan izin penggunaan lima vaksin booster sebagai jenis dosis lanjutan di Tanah Air, yaitu vaksin CoronaVac atau Sinovac, Comirnaty oleh Pfizer, AstraZeneca (Vaxzevria dan Kconecavac), Moderna, dan Zifivax.

Vaksin-vaksin booster tersebut seluruhnya diperuntukkan bagi usia 18 tahun ke atas dan yang telah mendapatkan vaksin primer lengkap setidaknya selama 6 bulan.

Berbagai jenis vaksin booster Covid-19 ini dapat digunakan sebagai booster homolog dan heterolog.

Lebih detil tentang berita populer Sains berkaitan dengan jenis vaksin booster, daftar vaksin booster Covid-19 sesuai vaksin primer yang digunakan bisa dibaca di sini.

Arti simbol segitiga pada botol plastik

Pernahkah Anda memperhatikan lambang segitiga yang sering ada di bagian bawah botol plastik atau kemasan plastik lainnya?

Sebagian orang hanya mengetahui kode tersebut merupakan kode untuk daur ulang plastik.

Ternyata simbol itu tidak hanya tentang daur ulang plastik. Masing-masing segitiga ada maknanya dan berpengaruh untuk kesehatan dan lingkungan.

PETE atau PET (Polyethylene terephthalate), yakni segitiga dengan angka 1 di tengahnya.

Simbol segitiga ini banyak kita temukan di botol kemasan sekali pakai, seperti botol air minum dan kemasan lainnnya. Ini merupakan jenis plastik yang paling banyak digunakan untuk mengemas produk konsumsi.

Plastik HDPE (High-Density Polyethylene) ditandai dengan segitiga dengan angka 2 di tengahnya.

Plastik ini memiliki karakteristik kaku, berwarna, dan tidak tembus pandang. Plastik ini banyak digunakan untuk menyimpan minuman dan bahan pembersih rumah tangga.

Selengkapnya mengenai simbol segitiga pada botol plastik yang menjadi salah satu berita populer Sains ini, dapat dibaca di sini.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/02/05/090100623/-populer-sains-gempa-bayah-m-5-5-guncang-banten-10-tanda-ginjal-tidak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke