Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER SAINS] Mengenal DLBCL, Kanker Langka yang Diidap Ari Lasso | Penyebab Gancet

KOMPAS.com - Ari Lasso mengungkap dirinya mengidap kanker jenis langka yaitu kanker DLBCL atau Diffuse Large B-cell Lymphoma.

Pembahasan terkait kanker langka DLBCL menjadi salah satu berita populer yang banyak dibaca di kanal Sains Kompas.com edisi Kamis, 9 September 2021.

Selain kanker DLBCL, penyebab dan pertolongan pertama gancet atau penis tersangkut vagina menjadi topik populer lainnya.

Selain itu, setiap 9 September kita juga memperingati Hari Olahraga Nasional. Ini adalah perayaan Haornas ke-38. Sejarah haornas hingga fakta Gurun Sahara menjadi berita populer lainnya.

Berikut rangkumannya:

1. Apa itu DLBCL, kanker yang diidap Ari Lasso?

Kabar mengejutkan datang dari Ari Lasso. Saat menjadi bintang tamu dalam kanal YouTube Deddy Cobuzier, Ari Lasso mengungkap dirinya mengidap kanker jenis langka, yaitu kanker DLBCL atau Diffuse large B-cell lymphoma.

Meski kanker DLBCL termasuk langka, Ari mengatakan, kanker tersebut curable, bisa disembuhkan.

Sebelumnya, Ari Lasso sempat menjalani operasi besar untuk pengangkatan tumor di limpanya.

"(Dokter bilang), 'Ini ganas punya'. Kemudian hasil patologi keluar 5 (atau) 6 hari kemudian. Ya, it's cancer. Tapi, cancer-nya sangat langka," ucap Ari Lasso.

Sebenarnya, apa itu kanker DLBCL (Diffuse large B-cell lymphoma)?

Kanker DLBCL (Diffuse large B-cell lymphoma) atau limfoma sel B besar difus adalah jenis limfoma non-Hodgkin (NHL).

Ada dua jenis limfoma, yaitu Hodgkin dan non-Hodgkin. Keduanya berperilaku, tumbuh, dan merespons pengobatan secara berbeda.

DLBCL adalah limfoma non-Hodgkin yang paling umum.

Dalam kondisi kanker DLBCL, ketika dilihat di bawah mikroskop, sel-sel limfoma terlihat sangat besar dibandingkan dengan limfosit normal. Sel-sel limfoma juga tersebar di seluruh kelenjar getah bening atau jaringan.

Baca selengkapnya di sini:

Apa Itu DLBCL, Kanker Langka yang Diidap Ari Lasso?

2. Penyebab dan pertolongan pertama gancet

Gancet adalah salah satu manifestasi dari gangguan vaginismus. Gancet secara medis disebut dengan Penis captivus.

Sedangkan, masyarakat awam menyebutkan istilah gancet ini untuk merujuk pada kondisi ketika organ intim pria tersangkut di dalam vagina ketika sedang melakukan hubungan intim.

"Gancet yang diagnosis medisnya adalah penis captivus (untuk laki-laki nya) merupakan suatu kondisi penis yang terjepit pada vagina yang bisa terjadi saat otot-otot panggul bawah perempuan berkontraksi sangat kuat atau tertarik ketika penis berada dalam vagina," kata dr Haekal Anshari M.Biomed (AAM), selaku Spesialis Seksologi dan Anti-aging kepada Kompas.com, Kamis (9/9/2021).

Kontraksi otot tersebut menyebabkan bukaan vagina menyempit, lebih rapat dan membuat laki-laki kesulitan untuk mengeluarkan penisnya, terutama ketika masih ereksi.

Pasalnya aliran darah memenuhi seluruh batang penis saat ereksi dan membuat ukuran penis membesar dan membuatnya semakin sulit dikeluarkan dari vagina.

Haekal menjelaskan, sebenarnya masih sangat sedikit penelitian medis yang membahas penyebab gancet atau penis captivus mungkin karena kondisi ini memang jarang dialami.

Baca penyebab dan cara mengatasinya di sini:

Penyebab dan Pertolongan Pertama Gancet, Penis Tersangkut di Vagina

3. Sejarah hari olahraga nasional

9 September 2021, Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang ke-38.

Mengutip Harian Kompas, 9 September 1983, peringatan Haornas ditetapkan Presiden Kedua RI Soeharto pada 9 September 1983 ketika meresmikan pemugaran Stadion Sriwedari di Surakarta.

Selain bertepatan dengan pemugaran stadion pertama yang dibangun bangsa Indonesia, pemilihan tanggal 9 September juga dimaksudkan untuk mengenang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-1.

Diberitakan Kompas.com, 8 September 2018, penyelenggaraan PON terjadi karena kesulitan yang dialami atlet Indonesia untuk mengikuti olimpiade internasional.

Pada 1948, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) ingin mempersiapkan atlet Indonesia untuk mengikuti ajang Olimpiade Musim Panas XIV di London.

Namun, karena status PORI saat itu belum menjadi anggota Internasional Olympic Committee (IOC) maka atlet Indonesia menghadapi kendala untuk berangkat.

Selain itu, status Indonesia sebagai sebuah negara dalam dunia Internasional juga belum jelas karena pengaruh Belanda. Paspor atlet Indonesia tak diakui oleh Inggris.

Baca sejarah lengkapnya di sini:

Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Diperingati Setiap 9 September

4. Fakta gurun Sahara

Gurun Sahara merupakan wilayah gurun yang terluas di dunia yang terletak di Benua Afrika.

Wilayah Gurun Sahara mencakup 9,4 juta persegi, hampir sepertiga dari Benua Afrika dan setara dengan wilayah Amerika Serikat, termasuk Alaska dan Hawaii.

Dilansir dari Live Science, berikut adalah fakta-fakta menarik Gurun Sahara yang bisa dibaca di sini:

Fakta-fakta Gurun Sahara, Tidak Hanya Dihuni Unta

https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/10/070100623/populer-sains-mengenal-dlbcl-kanker-langka-yang-diidap-ari-lasso-penyebab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke