Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kunci Efektif Menurunkan Berat Badan Menurut Ahli

Ketika ini terjadi, Anda mungkin akan berpikir usaha menurunkan berat badan yang telah dilakukan sia-sia. Sehingga, berhenti melakukannya.

Tetapi sebenarnya, penurunan berat badan yang sukses dimungkinkan dengan berkomitmen pada beberapa konsep kunci, yang bisa dilakukan sehari-hari.

Kunci inilah yang dikatakan para dokter merupakan cara paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Berikut ini 5 kunci yang efektif menurunkan berat badan dan bisa diterapkan dalam kebiasaan sehari-hari.

1. Keluarkan Lebih Banyak Kalori

Untuk mencapai penurunan berat badan, intinya adalah Anda perlu mengeluarkan lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi dalam jangka waktu yang lama.

"Yang benar adalah, hampir semua diet akan berhasil (untuk menurunkan berat badan) jika Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori," kata Harvard Medical School.

Untuk membakar kalori, berolahragalah setiap hari. Untuk membatasi kalori yang Anda konsumsi, perhatikan ukuran porsi, dan pastikan makanan Anda menekankan makanan utuh seperti sayuran dan biji-bijian untuk membuat Anda kenyang, sekaligus membatasi makanan olahan dan gula.

Lorraine Kearney BASc, CDN, CEO New York City Nutrition dan Ahli Gizi Diet Bersertifikat mengatakan, ketika berfokus pada nutrisi dan akar penyebab obesitas, penting untuk melihat lagi secara jelas bagaimana 'kalori masuk vs kalori keluar' dan fokus pada hubungan dengan makanan.

"Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan adalah kesehatan usus, tingkat stres, jadwal tidur, kondisi medis, preferensi makanan dan rasa, sumber daya keuangan, aksesibilitas terhadap makanan, dan bahkan harga diri,” jelas Kearney.

Menurut Kearney, pendidikan gizi (berdasarkan bukti ilmiah) adalah cara terbaik untuk meningkatkan hubungan kita dengan makanan dan mencapai hasil berkelanjutan jangka panjang yang mereka inginkan.

“Hubungan kita dengan makanan didorong oleh kebutuhan biologis dan juga kebutuhan psikologis. Kebutuhan biologis akan makanan terkait dengan manfaat nutrisi bagi kesehatan kita secara keseluruhan, serta tingkat energi kita,” katanya.

“Kebutuhan psikologis akan makanan terkait dengan rasa, tekstur, bau, budaya makanan, dan keinginan makan. Jika kita tidak memanfaatkan hubungan dengan makanan pada tingkat psikologis, rata-rata orang tidak akan memahami makanan mereka dan mengapa mereka ingin membuat perubahan pada diet mereka."

Jika Anda merasa membutuhkan bantuan, maka segera berkonsultasi pada ahli gizi untuk mendapat cara yang tepat.

2. Konsumsi Lebih Banyak Makanan Utuh

Banyak orang mengandalkan makanan olahan yang tidak mengandung nutrisi, tapi tinggi gula dan natrium.

Padahal umumnya, makanan tersebut tidak mengenyangkan, sehingga menyebabkan Anda mengambil lebih banyak kalori.

"Diet berkualitas tinggi hampir secara otomatis mengarah pada kontrol kalori yang lebih baik, sehingga Anda akan mengonsumsi makanan dengan rasa kenyang yang lebih tinggi," kata JoAnn Manson, MD, DrPH, profesor kedokteran di Harvard Medical School dan kepala kedokteran pencegahan di Brigham & Women's Hospital.

"Pola makan berkualitas tinggi adalah sesuatu seperti diet Mediterania, yang menekankan buah-buahan, sayuran, ikan dan minyak zaitun, sementara rendah daging merah, daging olahan, dan makanan olahan."

3. Makan Lebih Sedikit Gula

Untuk menurunkan berat badan, para dokter setuju bahwa sangat penting untuk mengurangi konsumsi gula tambahan.

Minuman dan makanan manis menyebabkan gula darah melonjak dan jatuh, sehingga menyebabkan keinginan untuk mengonsumsi lebih banyak gula dan lebih banyak kalori.

Pilih makanan dengan tambahan gula sesedikit mungkin, dan singkirkan minuman yang mengandung gula seperti soda dari menu Anda.

Dokter Dean Schillinger, MD, kepala University of California, Divisi San Francisco dari General Internal Medicine menegaskan, untuk segera menghindari semua minuman manis, karena minuman tersebut menyediakan 'kalori kosong' yang tidak membuat Anda kenyang.

“Gula dapat secara unik bekerja pada hati untuk menghasilkan lemak perut,” ujarnya.

4. Makan Lebih Banyak Sayuran

Sayuran kaya akan serat, yang sangat mengenyangkan. Ketika Anda kenyang, Anda tentu akan makan lebih sedikit.

"Sayuran non-tepung benar-benar membuat Anda kenyang," kata Manson.

Kategori sayuran non-tepung termasuk brokoli, kubis brussel, wortel, kembang kol, salad hijau dan jamur.
Sementara sayuran bertepung, seperti kentang, kacang polong dan jagung, kemungkinan kurang efektif karena pati diubah dalam tubuh menjadi gula.

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya setengah piring Anda untuk sayuran setiap kali makan.

5. Berolahraga Secara Teratur

Semua orang memang harus berolahraga setiap hari demi kesehatan. The American Heart Association merekomendasikan 150 menit latihan intensitas sedang, seperti jalan cepat — per minggu.

Tetapi berolahraga untuk menurunkan berat badan itu rumit.

Anda harus membatasi kalori, tapi olahraga dapat membuat Anda lapar, yang kemudian tentu menyebabkan asupan kalori lebih banyak.

Namun, membangun otot melalui latihan ketahanan dapat meningkatkan metabolisme dan membantu penurunan berat badan.

Jadi, para ahli merekomendasikan berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu dengan setidaknya dua latihan kekuatan setiap minggu.

Meski demikian, Anda harus bersikap realistis dan menyesuaikan olahraga dengan kondisi dan kemampuan diri.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/01/130500723/5-kunci-efektif-menurunkan-berat-badan-menurut-ahli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke