Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Penyebab Haid Tidak Teratur, Beberapa di Antaranya Ternyata Normal

KOMPAS.com - Haid normal terjadi dalam siklus yang teratur. Namun terkadang, terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan siklus hadi tidak teratur.

Siklus haid

Haid atau menstruasi normalnya terjadi setiap 28 sampai 35 hari sekali. Terkadang, siklusnya bisa lebih pendek atau lebih lama dari waktu ini.

Siklus haid merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita. Hal ini menandai siklus masa subur, peningkatan hormon-hormon reproduksi, dan diakhiri ketika sel telur tidak dibuahi yang ditandai dengan luruhnya dinding rahim.

Jika haid terjadi tidak teratur, ini mungkin membuat orang yang sedang mencoba hamil sedikit kesulitan. Akan lebih sulit memprediksi masa subur untuk meningkatkan kemungkinan hamil.

Penyebab haid tidak teratur

Dilansir dari National Health Service United Kingdom, berikut beberapa penyebab haid tidak teratur:

Perawatan

Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mengembalikan siklus agar normal kembali. Namun, semuanya bergantung pada penyebab di tiap orang.

Jika penyebabnya adalah KB hormonal, dokter mungkin merekomendasikan tipe KB yang lain. Selain itu, KB hormonal bahkan bisa juga diberikan pada beberapa kasus sebagai terapi hormon. Pil KB mengandung hormon estrogen yang bisa memicu menstruasi.

Jika penyebabnya berkaitan dengan berat badan, stres, dan olahraga, dokter akan menyarankan untuk menyesuaikan gaya hidup yang lebih sehat. Seperti memakan makanan yang lebih sehat dan olahraga teratur secukupnya.

Kapan ke dokter

Sesuai pembahasan di atas, ada beberapa kondisi yang normal jika terjadi siklus yang tidak teratur. Namun, sebaiknya Anda mengunjungi dokter jika hal-hal ini terjadi kepada Anda:

  • Berusia kurang dari 45 tahun dan tiba-tiba menjadi tidak teratur
  • Mengalami jarak antara menstruasi kurang dari 21 hari
  • Menstruasi terjadi lebih dari 7 hari
  • Siklus haid tidak teratur dan sedang mencoba untuk hamil.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/08/10/160100623/8-penyebab-haid-tidak-teratur-beberapa-di-antaranya-ternyata-normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke