Salin Artikel

Nama-nama Galaksi di Alam Semesta, Bukan Cuma Bima Sakti

KOMPAS.com – Galaksi merupakan sistem masif yang terikat dengan gaya gravitasi. Ia terdiri atas bintang, gas, debu medium antarbintang, dan materi gelap.

Dengan perkiraan 100 miliar hingga 200 miliar galaksi di alam semesta, tidak heran jika mayoritas galaksi sejauh ini diidentifikasi dengan nomor katalog.

Misalnya, M51, GN-z11, dan IOK-1. Meski cukup sulit diingat, susunan angka dan huruf tersebut sarat makna bagi para astronom.

Di samping itu, ada beberapa galaksi yang telah diberi nama. Biasanya, galaksi tersebut memiliki bentuk yang khas, sangat dekat, dan mudah diamati.

Dilansir dari Live Science, berikut adalah nama-nama galaksi di alam semesta.

1. Galaksi Bima Sakti

Galaksi Bima Sakti memiliki diameter 100.000 tahun cahaya dan diperkirakan memiliki setidaknya 100 miliar hingga 400 miliar lebih bintang.

Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi spiral berpalang dengan struktur batang pusat melintasi intinya.

Matthew Stanley, profesor sejarah sains di Gallatin School of Individualized Study, New York University, tidak yakin kapan pertama kali galaksi ini disebut sebagai Bima Sakti.

2. Galaksi Tadpole

Galaksi Tadpole atau Galaksi Kecebong memiliki “kepala” oval dan “ekor” yang panjang membuntutinya.

Panjang ekor Galaksi Tadpole mencapai sekitar 280.000 tahun cahaya dan bertatahkan gugusan bintang yang sangat besar dan terang.

Ekor Galaksi Tadpole mungkin terbentuk ketika galaksi lain mendekat terlalu dekat dengan Galaksi Tadpole dan diayunkan di belakangnya oleh gaya gravitasi.

3. Galaksi Black Eye

Messier 64 (M64) memiliki nama yang agak menyeramkan, yakni Galaksi Black Eye atau Galaksi Mata Jahat.

Nama Galaksi Black Eye terinspirasi oleh pita gelap debu yang mengelilingi inti terangnya. Pita bayangan ini mungkin terbentuk setelah tabrakan dengan galaksi lain.

Pada tahun 1990-an, para ilmuwan menemukan bahwa gas di daerah luar Galaksi Black Eye berputar berlawanan arah jarum jam.

Para astronom menduga, wilayah yang tidak biasa ini adalah sisa terakhir dari galaksi yang lebih kecil yang bertabrakan dengan Galaksi Black Eye.

4. Galaksi Sombrero

Galaksi Sombrero merupakan galaksi spiral yang bentuknya seperti topi, jika dilihat dari tepi Bumi.

Galaksi Sombrero dikenal juga dengan nama Messier 104 (M104). Ia terletak sekitar 28 juta tahun cahaya dari Bumi dan berukuran 50.000 tahun cahaya.

Galaksi Sombrero adalah salah satu objek paling masif di kluster Virgo, menurut Hubble Space Telescope.

5. Galaksi Whirlpool

Seperti Galaksi Bima Sakti, Galaksi Whirlpool (Messier 51 atau M51) adalah galaksi spiral yang memiliki banyak lengan melengkung ke luar dan melingkari pusat terang.

Inti Galaksi Whirlpool merupakan rumah bagi bintang-bintang yang tua, sementara bintang-bintang muda yang lebih terang terlihat di sepanjang lengannya.

Galaksi Whirlpool berjarak 25 juta tahun cahaya dari Bumi dan berukuran 600.000 tahun cahaya.