Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Kacang Merah, Si Kacang Manis yang Kaya Antioksidan

KOMPAS.com - Kacang merah merupakan salah satu makanan yang cukup banyak dikonsumsi di Indonesia. Namun tingkat konsumsi kacang merah belum sebanyak konsumsi kacang hijau. Padahal, kacang merah memiliki gizi yang tidak kalah padat dibandingkan dengan kacang hijau.

Kacang merah biasanya dijadikan campuran di dalam sup atau sayur. Sebagian orang juga mencampur kacang merah ke dalam makanan penutup seperti es kacang merah, roti isi kacang merah, pudding, dan makanan manis lainnya.

Dilansir dari Health Line, berikut manfaat kacang merah untuk kesehatan Anda.

Kaya nutrisi

Kacang merah mengandung serat, protein, karbohidrat, dan nutrisi lainnya seperti folat, mangan, fosfor, magnesium, zinc, zat besi, tiamin, vitamnin B6, riboflavin, asam pantotenat, dan selenium.

Selain itu, kacang merah juga kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan pada tubuh Anda. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Research Gate pada tahun 2008, kacang merah mengandung hingga 29 antioksidan berbeda.

Menyehatkan saluran pencernaan

Kacang merah mengandung serat tinggi yang baru mulai dicerna ketika sampai di usus dan merupakan makanan yang baik bagi bakteri di dalam usus.

Ketika bakteri baik di dalam usus menyerap serat dari kacang merah, mereka akan membentuk asam lemak baik yang membuat saluran percernaan lebih sehat dan menurunkan resiko kanker usus.

Menurunkan resiko diabetes tipe 2

Kacang merah merupakan makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga mencegah meningkatnya gula darah secara tiba-tiba yang biasa terjadi setelah makan.

Selain itu, Kandungan serat yang tinggi di dalam kacang merah akan memingkatkan sensitivitas insulin. Kandungan antioksidan tinggi dalam kacang merah juga dipercaya bisa memiliki efek antidiabetes.

Menurunkan berat badan

Kandungan protein dan serat tinggi di dalam kacang merah akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dan mencegah seseorang untuk makan terlalu banyak, sehingga memiliki potensi untuk menurunkan berat badan.

Baik untuk kesehatan jantung

Beberapa studi membuktikan bahwa konsumsi kacang merah secara rutin menurunkan kolesterol total, kolesterol jahat, dan kadar trigliserida dalam darah Selain itu, kacang merah juga menurunkan penumpukkan lemak pada hati. Hal ini dikaitkan dengan menurunnya resiko penyakit kardiovaskuler.

Menurunkan resiko kanker

Kacang merah memiliki manfaat untuk menurunkan resiko penyebaran sel kanker karena tingginya kadar antioksidan di dalam kacang merah.

Menurunkan resiko cacat lahir

Salah satu penyebab cacat lahir adalah kurangnya asupan folat. Kacang merah mengandung folat tinggi sehingga bisa menurunkan resiko cacat lahir akibat kurangnya asupan folat pada ibu hamil.

Manfaat kacang merah sangat baik untuk kesehatan dan tidak kalah dengan kacang hijau. Kacang merah bahkan dijadikan alternatif protein bagi orang yang sedang mengurangi konsumsi daging merah.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/05/16/173100123/manfaat-kacang-merah-si-kacang-manis-yang-kaya-antioksidan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke