Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fakta Covid-19 India, Kemungkinan Berubah Jadi Krisis Global

KOMPAS.com - Sejak Senin (10/5/2021), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meningkatkan level varian B.1.617 yang pertama kali terdeteksi di India sebagai variant of concern atau varian yang diperhatikan dunia.

Level variant of concern ini naik dari sebelumnya variant of interest.

Dengan masuknya varian B.1.617 ke varian of concern, saat ini ada 4 varian Covid-19 yang diperhatikan WHO dan dunia, yakni:

Dilansii CNBC International, Senin (10/5/2021), varian B.1.617 diklasifikasikan sebagai variant of concern karena terbukti varian tersebut menyebar lebih banyak dari virus asli dan punya risiko dapat menghindari virus.

Menanggapi tsunami Covid-19 di India, banyak negara menyumbangkan oksigen, vaksin, pasokan medis, dan menutup perbatasan ke negara terpadat kedua di dunia itu.

Penutupan wilayah mungkin sudah terlambat. Pasalnya, kemarin Kamis (13/5/2021) WHO mengumumkan bahwa varian B.1.617 sudah ditemukan di 49 negara yang tersebar di setiap benua.

"Dan karena hanya sekitar 0,1 persen sampel positif di India yang diurutkan secara genetik, mungkin ada varian yang muncul di sampel lain," kata Amita Gupta, wakil direktur Pusat Pendidikan Kesehatan Klinis Global Universitas Johns Hopkins, seperti dilansir Time, Rabu (12/5/2021).

Skala sebenarnya dari wabah Covid-19 di India tidak mungkin dihitung secara akurat.

Secara resmi, kasus harian yang dikonfirmasi stabil di bawah 400.000 tetapi tetap lebih tinggi daripada negara lain selama pandemi.

Para ahli memperingatkan bahwa jumlah sebenarnya jauh lebih besar, dan mungkin masih meningkat dengan cepat saat virus merambah pedesaan India, tempat dua pertiga populasi tinggal dan di mana infrastruktur pengujian lemah.

Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan (IHME) Universitas Washington memperkirakan jumlah sebenarnya dari infeksi harian baru adalah sekitar 8 juta — setara dengan seluruh populasi Kota New York yang terinfeksi setiap hari.

Laporan resmi pada Jumat (14/5/2021) pagi mengatakan lebih dari 262.000 orang telah meninggal di India sejak dimulainya pandemi, tetapi IHME memperkirakan jumlah sebenarnya lebih dari 750.000 — jumlah yang diperkirakan para peneliti akan berlipat ganda pada akhir Agustus.

Sejak awal Mei, puluhan jenazah terdampar di tepi sungai Gangga. Sejumlah penduduk mengaku terpaksa menghanyutkan jenazah di sungai karena melonjaknya biaya pemakaman dan kekurangan kayu untuk kremasi.

Para ahli mengatakan bahwa krisis sepenuhnya dapat diprediksi, dan bahwa negara-negara kaya dapat berbuat lebih banyak untuk mencegahnya.

“Pandemi sekali lagi menyoroti ketidaksetaraan internasional yang ekstrem dalam akses ke vaksin dan obat-obatan untuk menyelamatkan nyawa,” kata Bina Agarwal, profesor ekonomi pembangunan dan lingkungan di Universitas Manchester.

Pemerintah India gagal memesan cukup vaksin untuk populasinya, atau meningkatkan program vaksinasi dengan cukup cepat.

Namun, selama berbulan-bulan, AS juga memblokir ekspor bahan mentah penting yang dibutuhkan India untuk memproduksi vaksin, dan menimbun 20 juta suntikan Astra-Zeneca, meskipun FDA tidak mengizinkan penggunaannya.

Meskipun Presiden Biden sekarang telah mengubah arah, mengirimkan bahan baku vaksin yang sangat dibutuhkan ke India dan berjanji untuk mengekspor suntikan Astra-Zeneca, akan butuh waktu lama bagi negara itu untuk mengejar ketertinggalan.

Pasalnya hingga 12 Mei 2021, baru 2,8 persen dari populasi yang telah divaksinasi.

Gelombang pertama India, yang memuncak pada September lalu, sangat parah. Menurut data statistik resmi, pada saat gelombang itu mulai menghilang, hampir 100.000 orang telah meninggal di seluruh India.

Tetapi di negara dengan populasi hampir 1,4 miliar, itu juga mengirim pesan lain, bahwa India mungkin telah menghindari efek pandemi yang paling merusak.

Sekarang, gelombang Covid-19 kedua yang brutal di India memicu kekhawatiran bahwa yang terburuk masih ada.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/05/14/170000423/fakta-covid-19-india-kemungkinan-berubah-jadi-krisis-global

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke