Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Merawat Keluarga yang Terinfeksi Covid-19 di Rumah

KOMPAS.com - Di kala vaksinasi diluncurkan di sejumlah negara, ribuan orang masih tertular dan menderita efek Covid-19.

Jumlah kasus di Indonesia, setiap harinya terus bertambah ribuan. Grafiknya pun terus naik, belum menunjukkan penurunan penyebaran virus corona.

Peningkatan kasus ini membuat banyak rumah sakit di Tanah Air penuh. Banyak pasien yang meski dirawat di rumah sakit tidak mendapat tempat tidur, sehingga terpaksa dipulangkan.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika Anda tinggal serumah dengan keluarga yang didiagnosis positif Covid-19 dan menjaga agar tidak tertular?

Bisakah kita tetap merawat keluarga dengan Covid-19, tapi tetap melindungi diri agar tidak tertular?

Inilah hal yang harus Anda lakukan untuk merawat keluarga yang terinfeksi Covid-19 di rumah.

1. Selalu kenakan masker

Jika Anda berada satu atap dengan keluarga yang terinfeksi Covid-19, Anda harus selalu mengenakan masker untuk melindungi diri dari virus corona.

Ini harus dilakukan meski Anda sedang membersihkan rumah, bekerja di rumah, membuatkan makanan, atau apa pun aktivitasnya.

“Ini karena virus corona menyebar lewat tetesan pernapasan (droplets) dan aerosol," jelas Dr Penny Ward, ketua Faculty of Pharmaceutical Medicine’s Education and Standards Committee.

“Karena itu, Anda harus memakai masker untuk mengurangi penyebaran tetesan dan aerosol ini di rumah," imbuhnya seperti dilansir The Independent, Selasa (19/1/2021).

Ini berarti Anda harus mencoba memakai masker di dapur, kamar mandi, dan ruang keluarga lain.

2. Jaga kesehatan mental

Protokol kesehatan meminta setiap orang yang tinggal serumah dengan orang positif Covid-19 harus mengisolasi diri selama 10 hari.

Ini berarti Anda tidak boleh meninggalkan rumah untuk alasan apa pun, selain mencari perawatan medis dalam keadaan darurat.

Mengingat dampak yang ditimbulkan pada kesehatan mental, sangat penting untuk melakukan beberapa hal yang dapat membantu seperti:

3. Bawakan makanan dan air

"Sangat penting untuk tidak makan pada waktu yang sama dengan seseorang yang mengidap virus corona untuk mencegah penularan," Dr. Ward memperingatkan.

Mengingat bahwa pemerintah menyarankan seseorang dengan Covid-19 untuk tinggal di satu ruangan, maka anggota keluarga lain yang tinggal seatap harus membawakan makanan dan minuman secara teratur.

“Jangan makan bersama. Cukup bawakan makanan dan minuman ke ruangan mereka, lalu pergi."

4. Bersihkan ruang bersama secara teratur

"Semua permukaan yang disentuh harus sering dibersihkan dengan disinfektan," kata Dr. Ward.

Ini tidak hanya akan mencegah virus corona menyebar dan menginfeksi anggota keluarga lain.

Menjaga kebersihan rumah juga akan membantu memberikan rasa aman dan nyaman saat semua orang diisolasi bersama.

Jika Anda perlu memasuki ruangan tempat isolasi keluarga dengan Covid-19, pastikan untuk mengenakan sarung tangan lateks saat menyentuh permukaan apa pun dan membuangnya ke dalam tas terbungkus ganda setelahnya.

"Ventilasi juga penting untuk melindungi diri," kata Dr. Ward.

Anda harus membuka jendela dan pintu sepanjang hari jika memungkinkan.

5. Obat-obatan yang dijual di pasaran

Di situs NHS, terdapat beberapa tips untuk mengelola gejala virus corona di rumah. Tips ini berguna jika Anda sedang merawat seseorang yang terinfeksi virus tersebut.

Selain memastikan bahwa pasien Covid-19 banyak istirahat dan banyak minum, NHS juga menyarankan untuk memberi parasetamol dan atau ibuprofen jika mereka merasa tidak nyaman.

Jika mereka batuk, Anda juga dapat mencoba membawakan sirup obat batuk atau memberikan satu sendok teh madu, tambah situs web NHS.

6. Hubungi petugas medis jika diperlukan

Dalam beberapa kasus, mungkin perlu mencari nasihat dan dukungan medis saat merawat seseorang dengan virus corona.

Sebagai contoh, jika pasien Covid-19 tiba-tiba mengalami sesak, nyeri dada, atau kehilangan kesadaran segera cari pertolongan medis.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/01/20/100000423/6-cara-merawat-keluarga-yang-terinfeksi-covid-19-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke