Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada 5 Rentetan Gempa Kuat Guncang Indonesia Hari Ini, Apakah Wajar?

KOMPAS.com - Hingga Rabu (13/1/2021) siang pukul 14.00 WIB, sejak pagi dini hari tadi sejumlah wilayah Indonesia sudah diguncang 5 gempa dengan kekuatan signifikan. 

Ada pun lima gempa tersebut adalah:

Berkaitan dengan gempa hari ini, Daryono selaku Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu cemas dan khawatir dengan peningkatan aktivitas gempa di berbagai wilayah di Indonesia sejak awal Januari 2021.

"Jangan cemas, tetapi tetap harus waspada," kata Daryono dalam keterangan resminya.

Dia melanjutkan, beberapa gempa signifikan yang terjadi akhir-akhir ini jaraknya berjauhan dengan sumber gempa dengan kedalaman yang berbeda.

"Sehingga antar gempa tersebut tidak ada kaitannya," kata Daryono.

"Kecuali rentetan gempa yang terjadi di Pasawaran yang diduga aktivitas swarm. Sejak 6 Januari 2021 hingga hari ini BMKG sudah mencatat sebanyak 23 kali gempa."

Apakah rentetan gempa wajar?

Menurut analisisnya, fenomena rentetan gempa di berbagai wilayah di Indonesia saat ini sebenarnya masih tergolong wajar karena sumber gempa kita memang sangat banyak.

"Masing-masing sumber gempa memiliki akumulasi stress sendiri-sendiri dan memiliki saat rilis energi gempa sendiri-sendiri," jelas Daryono.

Sebagai catatan, Indonesia memiliki banyak sumber gempa. Ada 13 segmentasi megathrust dan lebih dari 295 sumber gempa sesar aktif.

Mengingat banyaknya sumber gempa tersebut, wajar jika Indonesia sering diguncang gempa.

"Masyarakat tidak perlu panik dengan aktivitas gempa yang terjadi, karena aktivitas gempa tidak bisa dihentikan, yang penting kita ada upaya mitigasi bencana gempa," tegas Daryono.

Upaya mitigasi yang sebaiknya dilakukan adalah dengan membangun bangunan rumah tahan gempa dan memahami cara selamat saat terjadi gempa.

"Ini adalah satu-satunya solusi yang harus diwujudkan untuk menyelamatkan jiwa dan mengurangi risiko bencana gempa merusak."

https://www.kompas.com/sains/read/2021/01/13/172400223/ada-5-rentetan-gempa-kuat-guncang-indonesia-hari-ini-apakah-wajar-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke