Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peneliti Temukan Cara Sterilisasi Masker N95 dengan Kompor Listrik, Kok Bisa?

KOMPAS.com - Masker N95 merupakan masker yang dianjurkan untuk dikenakan oleh para tenaga kesehatan yang menangani langsung pasien Covid-19.

Masker ini dinilai memiliki ketahanan sangat tinggi dalam mencegah paparan partikel mikro, baik debu, bakteri maupun virus.

Sebuah penelitian baru-baru ini, para peneliti di University of Illinois, Urbana-Champaign menemukan cara unik untuk sterilisasi ulang masker N95.

Seperti dilansir dari Science Alert, Sabtu (15/8/2020), para peneliti menemukan bahwa dalam 50 menit pemanasan kering seperti penanak nasi, dapat membunuh empat jenis virus pada respirator N95, termasuk virus corona.

Sebuah video diunggah para peneliti untuk menunjukkan cara sterilisasi menggunakan kompor listrik dengan benar.

Anda hanya perlu membiarkan perangkat memanas selama lima menit hingga mencapai suhu 175 derajat Celcius sebelum meletakkan handuk di dalam panci untuk melapisi bagian dalam, karena panas dapat melelehkan masker jadi perlu dilapisi.

Selanjutnya, tempelkan respirator N95 ke dalam panci dan biarkan panas selama 50 menit.

Setelah 50 menit, para peneliti menemukan bahwa respirator tersebut sudah disterilkan, aman digunakan dan tidak rusak oleh panas.

Selain itu, peneliti juga menemukan respirator atau masker N95 dapat disterilkan dengan penanak nasi secara berulang hingga 20 kali, dan kemampuan filtrasinya tetap bertahan.

Masker N95 adalah alat perlindungan diri yang sangat penting bagi petugas kesehatan, sebab dapat menyaring partikel virus selama menangani pasien.

Respirator N95 dapat melindungi dari virus corona, lebih baik dibandingkan masker lainnya.

Tidak seperti masker kain yang utamanya hanya mencegah seseorang menyebarkan virus ke orang lain, atau masker bedah yang dapat melindungi Anda dari droplet.

Masker N95 dapat menutup dengan rapat di sekitar hidung dan menyaring partikel yang sangat kecil.

Sementara saat ini, rumah sakit di seluruh dunia masih kekurangan APD, salah satunya masker N95 yang sangat diperlukan dalam upaya penanganan pasien Covid-19.

Metode sterilisasi dengan kompor listrik ini dinilai menjadi solusi dan cara yang aman bagi pekerja di garda depan pandemi virus corona untuk tetap membuat masker N95 tetap steril tanpa mengurangi keefektifannya.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/08/15/190200723/peneliti-temukan-cara-sterilisasi-masker-n95-dengan-kompor-listrik-kok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke