Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Mahfud Sebut Belum Ada Investor Masuk IKN, Tarif Tol Surabaya-Bali, dan Akses Stasiun Tegalluar

Kompas.com - 24/12/2023, 10:23 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD menyanggah cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, yang memaparkan soal besaran pendanaan untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dalam debat Cawapres yang berlangsung Jumat (22/12/2023), Mahfud mempertanyakan soal paparan Gibran yang hanya mengalokasikan 20 persen dari dana APBN untuk pembangunan IKN.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) tersebut mengaku sangat tertarik tentang IKN. Bahkan dia menilai, pembangunan IKN harus terus dilaksanakan sebagai warisan dari Presiden Joko Widodo.

"Tapi tadi saya tergelitik soal anggaran untuk IKN itu hanya 20 persen dari APBN dan sisanya dari investor. Sejauh yang kita baca sampai sekarang, belum ada satu pun investor yang masuk ke sana. Coba kalau ada sebutkan misalnya 2 atau 1 investor mana yang sudah masuk ke sana," sambungannya.

Baca artikel lengkapnya di sini Mahfud Sebut Belum Ada Investor Masuk ke IKN, Benarkah Demikian?

Bagi Anda yang berencana liburan dari Surabaya ke Bali melalui jalan tol, tentu perlu mempersiapkan saldo uang elektronik (e-toll).

Dengan begitu, perjalanan pada masa libur Natal dan tahun baru tidak terganggu akibat kekurangan saldo e-toll.

Lagipula merujuk hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), potensi pergerakan masyarakat secara nasional diprediksi sebanyak 107,63 juta orang.

Dari jumlah itu, pilihan moda transportasi yang digunakan untuk perjalanan didominasi mobil dengan 35,37 persen atau 39,97 juta orang.

Apalagi, Bali diprediksi menjadi salah satu dari beberapa daerah tujuan perjalanan terbanyak secara nasional dengan jumlah 3,90 juta orang.

Baca informasi lengkapnya di sini Lewati Tol dari Surabaya ke Bali, Nih Saldo E-toll yang Perlu Disiapkan

Exit Tol Km 149 Tol Padalarang–Cileunyi (Padaleunyi) adalah salah satu akses menuju Stasiun Tegalluar Kereta Cepat Whoosh.

Exit tol yang sebelumnya beroperasi pada pukul 07.00-17.00 WIB, selama masa libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 beroperasi mulai 06.00-22.00 WIB.

General Manager Corporate Secretry Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Eva Chairunisa mengatakan, perpanjangan jam operasional exit tol ini akan mempermudah penumpang Kereta Cepat Whoosh tujuan Stasiun Tegalluar.

"Perpanjangan operasional ini akan semakin memudahkan penumpang yang akan berangkat menggunakan kereta pagi ataupun malam dari Stasiun Tegalluar," ujar Eva, dikutip dari keterangan resmi.

Selain melalui akses tol, penumpang dengan tujuan Stasiun Tegalluar juga bisa menggunakan layanan shuttle yang tersedia.

Baca artikel lengkapnya di sini Ada Exit Tol Km 149 Tol Padaleunyi, Akses ke Stasiun Tegalluar Makin Mudah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com