Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Tol Stabat-Kuala Bingai Akan Dioperasikan Tanpa Tarif

Kompas.com - 08/09/2023, 20:40 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Sebentar lagi masyarakat di Sumatera Utara bisa melintasi secara gratis ruas Tol Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7 km.

Pasalnya, PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan ruas yang juga menjadi bagian dari Jalan Tol Binjai-Langsa seksi Binjai-Pangkalan Brandan itu dalam waktu dekat.

Informasi itu tersaji di dalam unggahan akun Instagram resmi @hktolindonesia pada Jumat (08/09/2023).

"Buat kalian masyarakat Sumatra Utara, Jalan Tol Binjai-Langsa Segmen Stabat-Kuala Bingai akan dioperasikan tanpa tarif dalam waktu dekat. Pengguna jalan tetap melakukan tapping kartu uang elektronik di gardu tol," tulis akun tersebut.

Kendati demikian, untuk waktu pengoperasian ruas Tol Stabat-Kuala Bingai masih belum disebutkan.

Baca juga: Seminggu Beroperasi Gratis, Tol Indralaya-Prabumulih Dilintasi 38.000 Kendaraan

Sebagai informasi, Tol Stabat-Kuala Bingai merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 2 Stabat-Tanjung Pura.

Di mana segmen tersebut telah menjalani kegiatan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 10-11 Juli 2023 lalu.

Ada pun Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan yang memiliki panjang 58 km terdiri dari 3 seksi. Seksi 1 Binjai-Stabat sepanjang 12,3 km telah beroperasi sejak Februari 2022.

Sementara Seksi 2 Stabat-Tanjung Pura sepanjang 26,2 km dan Seksi 3 Tanjung Pura-Brandan sepanjang 18,9 km, masih dalam tahap konstruksi.

Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan memiliki kecepatan rencana 100 km/jam, dengan jumlah lajur di tahap awal yakni 2x2.

Jika rampung secara keseluruhan, jalan tol ini akan memangkas waktu tempuh dari sebelumnya 2 jam menjadi kurang lebih 1 jam.

Hutama Karya melengkapi jalan tol ini dengan sejumlah fasilitas struktur seperti seperti 2 overpass, 11 jembatan, 10 underpass, 3 interchange, 3 gerbang tol, dan 2 pasang rest area tipe A.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com