Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Terpadu Pulo Gebang Sediakan Fasilitas Ramah Difabel

Kompas.com - 14/07/2023, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terminal Terpadu Pulo Gebang menyediakan fasilitas ramah difabel untuk para pengguna jasa.

Dilansir dari unggahan Instagram resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta @dkijakarta, Jumat (14/7/2023), fasilitas yang disediakan meliputi ramp, guiding block, lift, toilet khusus difabel, hingga posko kesehatan.

Dikutip dari laman resmi Terminal Terpadu Pulo Gebang, terminal yang juga dikenal dengan nama Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang adalah salah satu terminal bus tipe A yang terbesar se-Asia Tenggara.

Terminal ini terletak di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur dan diresmikan pada 28 Desember 2016.

Terminal Terpadu Pulo Gebang merupakan wajah baru terminal tipe A di Indonesia yang memakai konsep terminal modern dengan fasilitas-fasilitas penunjang kebutuhan masyarakat modern.

Selain itu, Terminal Terpadu Pulo Gebang sudah dilengkapi dengan sistem elektronik, di antaranya sistem informasi, pelayanan pembelian tiket online, serta boarding pass yang akan memudahkan masyarakat untuk berkegiatan.

Terminal Terpadu Pulo Gebang juga sudah terintegrasi dengan beberapa terminal tipe A di Pulau Jawa.

Berdiri di atas lahan seluas 12,5 hektar, Terminal Pulo Gebang terdiri dari empat lantai. Lantai 1 digunakan sebagai area parkir taksi, dan parkir pengunjung.

Baca juga: Juli 2023, Pembangunan Terminal 2 Bandara Internasional Hang Nadim Dimulai

Di lantai ini juga tersedia taman hijau, tempat perbelanjaan umum, dan lantai mezzanine yang digunakan untuk area pembelian tiket bus.

Lantai 2 digunakan untuk terminal penumpang antar-kota, dalam kota dan bus Transjakarta. Lantai 3, digunakan untuk area food court dan lantai 4 digunakan sebagai kantor pengelola.

Akses terminal di lantai 2 langsung terhubung dengan flyover menuju ke Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Untuk daya tampung, terminal ini mampu menampung bus besar dan sedang memuat 1.438 unit dengan 12 lajur, sedangkan untuk bus kecil mencapai 1.539 unit dengan 6 lajur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com