Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan ke Gili Trawangan? Ada Homestay Rp 300.000 Per Malam

Kompas.com - 10/07/2023, 11:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila Anda ingin berlibur dan menikmati keindahan alam di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat (NTB), tak ada salahnya jika memilih homestay atau Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) masyarakat lokal sebagai penginapan.

Sebab, biaya menginap sarhunta di Gili Trawangan hanya dipatok mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 500.000.

Seperti yang disampaikan M Rajab, warga yang mendapatkan bantuan Sarhunta dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan dalam siaran pers, Senin (10/7/2023).

"Saat ini banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang mulai menginap di Gili Trawangan ini," terang dia.

Namun, Rajab berharap agar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dapat memfasilitasi akses promosi ke wisatawan agar mereka menginap di sarhunta tersebut.

Baca juga: Kata Hadi Tjahjanto, Masyarakat Bisa Manfaatkan Tanah Gili Trawangan hingga 80 Tahun

Dari data yang dihimpun dari Balai P2P Nusa Tenggara I Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, sebanyak 98 sarhunta dibangun di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Desa tersebut memiliki keunikan karena terdiri dari tiga pulau kecil yang terbagi dalam tiga dusun yakni Dusun Gili Trawangan, Dusun Gili Meno, juga Dusun Gili Air.

"Bantuan Sarhunta ini merupakan stimulan karena warga juga harus ikut berswadaya dalam proses pembangunannya. Kami harap Sarhunta ini bisa lebih menyejahterakan masyarakat dan mendorong sektor wisata di Indonesia," kata Sekretaris Ditjen Perumahan Kementerian PUPR M Hidayat.

Sebagai informasi, Gili Trawangan merupakan pulau yang terbesar di Desa Gili Indah dan menjadi salah satu kawasan strategis provinsi dan memiliki populasi 2.089 jiwa.

Pulau ini juga menjadi destinasi wisata yang cukup menarik wisatawan.

Kementerian PUPR telah menyalurkan sebanyak 19 sarhunta di Gili Trawangan kepada masyarakat lokal yang terdiri dari 18 bangunan baru, serta satu unit peningkatan kualitas rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com