Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pekerjaan Pengendali Banjir Bandara YIA Kelar Akhir 2023

Kompas.com - 06/07/2023, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KULONPROGO, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan proyek pengendali banjr Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) rampung pada akhir tahun 2023.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai Pantai II, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, Sony Santoso menjelaskan ada 4 pekerjaan pengendali banjir Bandara YIA.

Pertama adalah Pembangunan Pengaman Muara Sungai Bogowonto Sisi Barat yang digarap oleh Bumi Karsa (BK)-PT Brantas Abipraya (Persero) Tbk KSO dengan nilai kontrak Rp 428 miliar.

Progres pekerjaan bagian pertama ini telah mencapai 99,9 persen dan hanya perlu sedikit perapihan.

Kedua adalah Pembangunan Pengaman Muara Sungai Bogowonto Sisi Timur yang digarap oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-PT Aneka Dharma Persada (ADP) KSO dengan nilai kontrak Rp 413 miliar.

Sama dengan bagian pertama, pekerjaan bagian kedua hanya butuh perapihan karena fisik sudah kelar 100 persen.

Dua pekerjaan pengendali banjir yang ada di sisi barat Bandara YIA dan di kawasan Sungai Bogowonto tersebut akan selesai seluruhnya pada Juli 2023.

Baca juga: Proyek Pengendali Banjir Tukad Unda Beres, Amankan Area Sungai Yeh Sah

"Pekerjaan satu dan dua akan selesai bulan ini," ucap Sony pada Kamis (6/7/2023).

Sementara pekerjaan ketiga adalah Pembangunan Sarana Pengendali Banjir Sungai Bogowonto dan Anak-anak Sungainya yang digarap oleh PT Brantas Abipraya (Persero) Tbk senilai Rp 360 miliar dengan progres 77 persen.

Kemudian pekerjaan keempat adalah Pembangunan Prasarana Pengendali Banjir Kawasan Strategis Bandara YIA di Daerah Aliran Sungai (DAS) Serang yang digarap oleh PT PP (Persero) Tbk senilai Rp 295 miliar dengan progres 87 persen.

"Akhir tahun ini harus sudah selesai," imbuh Sony.

Sebagai informasi, proyek Pengendali Banjir Bandara YIA merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan kegiatan pariwisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur.

Selain itu, Pengendali Banjir dibuat karena Bandara YIA terletak di antara dua sungai besar, yaitu Sungai Bogowonto dan Sungai Serang.

Dukungan infrastruktur dilakukan secara terpadu mulai dari perbaikan atau normalisasi badan sungai, peningkatan kapasitas sungai, pembangunan sistem drainase, sodetan, kolam retensi.

Lalu ada pengadaan pompa banjir, hingga bangunan penahan penampung air sepanjang sungai (long storage) serta pekerjaan double jetty di muara Sungai Bogowonto.

Proyek ini juga memberikan manfaat untuk mengamankan dan melindungi kawasan strategis Bandara YIA dari banjir seluas 600 hektar, kawasan pertanian dan permukiman di sejumlah kecamatan dengan total luas 2.000 hektar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com