Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Sanusa Medika, Vasanta Group Bangun RS International Pertama di Depok

Kompas.com - 12/06/2023, 21:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Vasanta Group dan Sanusa Medika (joint venture antara Aspen Medical dan PT Jasa Sarana) menandatangani kesepakatan kerja sama pembangunan rumah sakit internasional, Rabu (31/5/2023).

Pembangunan rumah sakit internasional pertama di Kota Depok ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan tempat tidur akibat tingginya bed occupancy rate (BOR).

Dengan kapasitas 200 tempat tidur, termasuk unit-unit khusus seperti tempat tidur isolasi yang canggih dan unit perawatan intensif, rumah sakit ini akan memastikan pasien menerima perawatan berkualitas tinggi di lingkungan yang nyaman dan penuh kasih sayang.

Salah satu ciri khas rumah sakit internasional milik Aspen Medical yang berbasis di Australia, ini akan menawarkan perawatan khusus bagi masyarakat penderita diabetes.

Baca juga: Bisnis Rumah Sakit Kian Menjanjikan, Paramount Buka Bethsaida Serang 2024

Dengan mengejar Akreditasi Perawatan Diabetes Internasional, fasilitas kesehatan ini akan menjadi tujuan utama bagi pasien diabetes di Depok dan seluruh Indonesia.

Selain itu, terdapat pula tiga keunggulan lainnya yakni Nefrologi dan Hipertensi, Endokrinologi, dan Gastro-hepatologi yang merupakan layanan komprehensif untuk mengatasi permintaan yang meningkat terhadap perawatan khusus.

Menurut Direktur Operasional Sanusa Medika Marwan Hanif, selain di Kota Depok, pihaknya juga berencana untuk melebarkan jaringan rumah sakitnya di beberapa kota, seperti Bogor, dan Bandung.

Direktur Rumah Sakit Sanusa Medika Dr. Mevin Handoyo menambahkan, 90 persen pembangunan rumah sakit asing dalam hal ini Australia, memiliki sertifikat berstandar internasional, diperkuat juga oleh dokter-dokter profesional.

Selain itu, fasilitas kesehatan yang berada di Eco Town Sawangan ini didesain oleh arsitek dari Belanda yang memerhatikan konsep green hospital, dan mementingkan kenyamanan.

Seperti hemat konsumsi energi, desain yang ramah lingkungan pada penataan ruangnya, termasuk pula pada sumber elektrikalnya.

Baca juga: Antisipasi Kondisi Darurat, KAI Gandeng 45 Rumah Sakit Selama Angkutan Lebaran

Aspen Medical menargetkan semua golongan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan terpadu. Tidak menutup kemungkinan, pasien yang datang juga dari luar negeri seperti Singapura.

Executive Director Vasanta Group Denny Asalim menjelaskan, groundbreaking pembangunan rumah sakit internasional ini akan dilakukan pada Kuartal IV tahun 2023.

Diharapkan pembangunannya sesuai target, dengan masa konstruksi sekitar 18 bulan.

“Kolaborasi ini otomatis akan menambah nilai jual dari Eco Town Sawangan, kawasan yang dikembangkan oleh Vasanta Group bersama dengan Lotte Land Indonesia. Ke depannya, Eco Town akan menjadi sebuah kawasan komersial bernuansa internasional dengan beragam bisnis komersial di dalamnya,” papar Denny.

Untuk melengkapi keberadaan Rumah Sakit Internasional Aspen Medical, Vasanta Group dan Lotte Land Indonesia juga mengembangkan sebuah distrik komersial bernama Sinsa District, yang berlokasi tepat di sebelah rumah sakit.

Sinsa District terinsipirasi dari sebuah distrik modern di Korea Selatan, yang diproyeksikan akan dihuni oleh beragam tenant, mulai dari wellness, tourism, hingga lifestyle.

Baca juga: Juni 2024, Rumah Sakit Internasional di IKN Siap Beroperasi

Berbeda dengan The Shoppes, distrik komersial fase pertama di Eco Town Sawangan yang sudah terjual habis, Sinsa District menawarkan unit yang lebih luas dengan tiga pilihan desain façade.

Dengan kehadiran rumah sakit internasional dan pengembangan Sinsa District, Eco Town akan menjadi center of health tourism dalam menarik wisatawan yang mencari perawatan kesehatan dan pengalaman liburan yang seimbang.

Rumah Sakit ini ditargetkan akan mulai beroperasi pada Kuartal I tahun 2025. Sementara Sinsa District akan membuka Nomor Pembelian Unit (NUP) pada 14 Juni 2023 mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com