Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kondisi Darurat, KAI Gandeng 45 Rumah Sakit Selama Angkutan Lebaran

Kompas.com - 26/04/2023, 06:56 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menggandeng 45 provider rumah sakit dan Basarnas selama masa Angkutan Lebaran 2023.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi kondisi darurat yang mungkin terjadi, mengingat jumlah pengguna jasa yang membeludak pada musim mudik.

Selain itu, Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mengamankan seluruh objek vital pada masa Angkutan Lebaran.

Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) disiapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba.

Petugas tambahan untuk mengatur kendaraan turut disiapkan di sejumlah titik area parkir stasiun.

Di sisi lain, seluruh pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta diimbau agar memeriksa kembali barang bawaannya termasuk di area kursi penumpang.

Pasalnya, cukup banyak barang berharga tertinggal, seperti dompet, telepon genggam, laptop dan lainnya.

Berdasarkan data, untuk jadwal keberangkatan dalam periode 12-25 April 2023 atau H-10 hingga H+2 Lebaran, tercatat sekitar 519.000 pengguna jasa berangkat menggunakan Kereta Api (KA) Jarak Jauh dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen di area Daop 1 Jakarta pada momen Lebaran.

Baca juga: Tidak Ada Istilah Kereta Api Menunggu Penumpang yang Terlambat

Sementara sebanyak 43.500 orang kembali ke Jakarta menggunakan transportasi KA pada Selasa (25/4/2023).

Dari jumlah tersebut, 16.200 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen dan 16.100 penumpang turun di Stasiun Gambir.

Kemudian sebanyak 4100 penumpang turun di Stasiun Bekasi, 4.500 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Jumlah penumpang tiba tersebut mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dari masa normal.

Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com