Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Arus Mudik, Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Naik 25 Persen

Kompas.com - 25/04/2023, 20:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada masa arus mudik Lebaran 2023 meningkat cukup signifikan, yaitu 25% dibandingkan tahun 2022 lalu.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau penanganan penumpang pesawat pada arus balik di Bandara Soekarno Hatta, pada Selasa (25/4/2023) atau H+2 Lebaran.

Menurutnya, kebijakan pada arus mudik tahun ini membuat pelaksanaan arus mudik dapat berjalan relatif lancar. Salah satunya adalah disetujuinya kebijakan memajukan libur cuti bersama, sehingga waktu arus mudik menjadi lebih panjang.

"Jadi meski lonjakan penumpang tinggi dengan tingkat okupansi 90 persen lebih, bisa tertangani dengan baik. On Time Performance (OTP) atau ketepatan waktu juga terjaga dengan baik," ujar Budi dalam keterangan resmi.

Baca juga: Pemerintah Siapkan 4 Bandara Alternatif Jelang KTT ASEAN di Labuan Bajo

Harga tiket pesawat selama arus mudik juga masih dalam batas wajar dan tidak melebih tarif batas atas yang telah ditentukan.

"Terima kasih kepada pengelola bandara yang telah mengelola lonjakan penumpang pesawat dengan baik dan juga maskapai penerbangan yang telah kooperatif menjaga tarif sesuai anjuran pemerintah," tandasnya.

Menhub mengatakan, peningkatan pergerakan penumpang dan pesawat pada arus mudik tahun ini menjadi kabar baik bagi kebangkitan industri penerbangan nasional setelah sempat terdampak pandemi Covid-19.

"Walaupun belum sama dengan tahun 2019, tetapi secara ekonomi sudah terjadi pergerakan yang memberikan manfaat bagi operator bandara dan maskapai. Ini berita baik buat kita," terangnya.

Menghadapi lonjakan arus balik, Budi meminta seluruh pemangku kepentingan sektor penerbangan, dapat terus melanjutkan kinerja baik yang telah ditunjukkan pada arus mudik.

Selain itu, juga mengingatkan operator penerbangan untuk tetap mengedepankan aspek keselamatan ditengah naiknya pergerakan penumpang tersebut.

Baca juga: 581.195 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek via Bandara Soekarno-Hatta

Berdasarkan data Angkasa pura (AP) II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta, tak hanya jumlah penumpang yang meningkat, jumlah pergerakan pesawat juga mengalami peningkatan 5% dibanding tahun 2022 lalu.

Adapun jumlah penerbangan pesawat pada hari puncak arus mudik (19-21 April 2023) mencapai di atas 1.000 penerbangan per hari.

Sebelum pandemi, Bandara Soekarno Hatta rata-rata melayani 1.200 penerbangan setiap harinya.

Adapun di tengah pandemi pada 2022 dan awal 2023, jumlah penerbangan pada hari-hari biasa berkisar 800-900 penerbangan per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com