Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga H-1 Lebaran, 600.000 Tiket Kereta Api Ludes Terjual

Kompas.com - 21/04/2023, 10:44 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Daop 1 Jakarta mencatat, sebanyak 600.000 tiket terjual untuk keberangkatan masa angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen per Jumat (21/4/2023).

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunissa, dari jumlah tersebut, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni 14 April 2023 hingga 23 April 2023.

"Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen," ujar Eva dalam rilis, Jumat (21/4/2023).

Lanjutnya, volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada 18, 19, 20 dan 21 April 2023. dimana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk mencapai 100 persen.

Baca juga: Sehari Jelang Lebaran, 24.000 Pemudik Bertolak dari Stasiun Senen

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung.

"Adapun Daop 1 Jakarta mengingatkan kembali agar pelanggan KA yang akan mudik agar memperhatikan aturan barang bawaan yakni volume maksimal adalah 20 kg atau volume 100 desimeter kubik dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm.

Bagasi yang melebihi berat dan/atau ukuran sebagaimana dimaksud, sampai dengan setinggi-tingginya 40 kg atau dengan volume 200 dm3 (dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 60 cm), diperbolehkan dibawa dengan dikenakan bea kelebihan bagasi atau membeli tempat duduk ekstra.

Biaya tambahan atas begasi yaitu untuk kelas eksekutif Rp. 10.000 per kg, kelas bisnis Rp. 6.000 per kg dan kelas ekonomi Rp. 2.000 per kg.

Selain itu, pelanggan KA tidak boleh membawa barang-barang tertentu di dalam bagasi kereta api mulai dari barang-barang yang mudah terbakar, senjata api/senjata tajam, Narkotika, obat-obatan terlarang, dan zat aditif lainnya, benda/barang yang berbau menyengat,serta hewan peliharaan.

Eva mengingatkan pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI diimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan, minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA.

"Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS," lanjutnya.

Selain pengecekan ketersediaan tiket, KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan, perubahan jadwal, maupun pembatalan.

Selain melalui aplikasi pemesanan tiket, juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan daring dan ritel yang sudah bekerja sama dengan KAI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com