Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Prioritas Dinas Cipta Karya Gresik 2023, dari Instalasi Air Bersih hingga Rumah Sakit

Kompas.com - 08/04/2023, 08:00 WIB
Hamzah Arfah,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DCKPKP) Gresik, Jawa Timur, mencanangkan beberapa proyek prioritas untuk dapat diselesaikan pada tahun ini.

Salah satu proyek tersebut ialah pembangunan instalasi air bersih, perluasan jaringan SPAM yang meliputi enam desa yang berada di Kecamatan Duduksampeyan dengan target 3.500 sambungan rumah (SR). Untuk agenda ini, pagu anggaran mencapai Rp 35 miliar.

"Program ini juga akan menyasar di Wedoroanom dan Sumput, (Kecamatan) Driyorejo. Menyasar 629 SR dengan anggaran Rp 3,8 miliar," ujar Kepala DCKPKP Gresik Ida Lailatus Sa'diyah, dalam suatu forum bersama Komunitas Wartawan Gresik, Jumat (7/4/2023).

Baca juga: Ini Upaya REI dan Pemkab Gresik Pangkas Jumlah Rumah Tidak Layak Huni

Selain itu, pembangunan Rumah Sakit Gresik Sehati yang terletak di Desa Slempit, Kecamatan Kedamean, turut menjadi prioritas DCKPKP Gresik. Di mana proyek ini memiliki nilai pagu anggaran Rp 85 miliar.

"Ini (Rumah Sakit Gresik Sehati) merupakan cita-cita Pak Bupati (Fandi Akhmad Yani) dalam meningkatkan layanan kesehatan yang merata di Gresik selatan," katanya.

Ida menambahkan, proyek selanjutnya adalah melanjutkan agenda pembangunan Islamic Center yang berada di Kecamatan Balongpanggang. Bakal ada pengerjaan finishing prasarana, guna menyempurnakan bentuk bangunan.

"Nanti ada pekerjaan finishing di bagian masjid dan prasarana lain," ucapnya.

Target prioritas lain adalah, penuntasan pembangunan reservoir di Terminal Bunder di wilayah Desa Dahanrejo, Kecamatan Kebomas, berdasar saran dan keinginan Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani.

Serta, renovasi empat kantor kecamatan untuk meningkatkan layanan, meliputi kantor Kecamatan Menganti, Sidayu, Cerme dan juga Kecamatan Tambak di Pulau Bawean.

"Mohon doanya agar semua proyek yang akan dikerjakan bisa lancar dan tuntas, sehingga bisa berdampak terhadap masyarakat. Saya juga berharap, teman-teman media dapat menyosialisasikan hal ini kepada masyarakat," tutur Ida.

Baca juga: Tahun 2023, Gresik Ditargetkan Sudah Jadi Kabupaten Lengkap

Ketua Komunitas Wartawan Gresik Miftahul Arif menyampaikan, pihaknya siap mendukung upaya DCKPKP Gresik menyosialisasikan program kepada masyarakat, khususnya warga Gresik.

Sehingga program yang dijalankan oleh DCKPKP Gresik dapat berjalan dengan lancar dan tuntas, supaya nantinya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Semoga kolaborasi ini terus terjalin baik. Kami mengapresiasi DCKPKP Gresik yang sudah aktif menggandeng media, dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat," tutur Miftah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com