Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Rumah Sakit Kian Menjanjikan, Paramount Buka Bethsaida Serang 2024

Kompas.com - 22/05/2023, 15:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis di sektor kesehatan, terutama rumah sakit (RS) dipandang sangat menjanjikan, meskipun rasio ketersediaan tempat tidur RS di Indonesia telah mencapai standar minimal WHO yakni di level 1,4 per 1.000 penduduk.

Hal ini ditandai dengan pertumbuhan jumlah RS yang menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 3.072 unit di seluruh Indonesia pada 2022.

Jumlah tersebut meningkat 0,99 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya sebanyak 3.042 unit.

Berdasarkan tipenya, sebanyak 2.561 unit merupakan rumah sakit umum (RSU). Sisanya sebanyak 511 unit merupakan rumah sakit khusus (RSK).

Selain jumlah unit, peningkatan pendapatan pun terus tumbuh dari tahun ke tahun. Seperti yang dibukukan oleh Bethsaida yang mencatat peningkatan menjadi Rp 600 miliar sepanjang 2022 dibanding tahun sebelumnya Rp 500 miliar untuk unit Bethsaida Serpong.

Kinerja ini tak lepas dari kontribusi tindakan operasi jantung sebagai yang tertinggi, disusul catatan bed occupancy rate (BOR) dari 55 persen menjadi 60 persen dan average length of stay (ALOS) 2,1 sampai 2,2 hari.

Baca juga: Rumah Sakit Internasional di IKN Segera Dibangun, Wakil Otorita: Mei Terpilih

Oleh karena itu, Paramount Enterprise secara agresif mengembangkan tiga RS baru lagi, masing-masing Bethsaida Serang, Bethsaida Jakarta, dan Bethsaida Paramount Petals Cikupa.

Presiden Direktur Paramount Enterprise Muhammad Nawawi menuturkan, Bethsaida Serang akan dibuka secara resmi untuk umum pada Kuartal I-2024 mendatang.

Sementara Bethsaida Jakarta akan memulai pembangunan pada 2025, dan Bethsaida Paramount Petals pada tahun 2027.

"Hal ini sejalan dengan diversifikasi bisnis Perusahaan dalam melengkapi fasilitas warganya di sektor layanan kesehatan. Ini tak sekadar bisnis secara komersial, namun juga pelayanan," tutur Nawawi menjawab Kompas.com, Senin (22/5/2023).

Khusus Bethsaida Serang yang telah memasuki tahap topping off pada Jumat (19/5/2023), dirancang dengan kapasitas 124 tempat tidur dalam gedung 9 lantai.

Adapun total luas bangunan mencapai 18.000 meter persegi di atas lahan satu hektar.

Menurut Direktur Paramount Enterprise Norman Daulay, untuk merealisasikan Bethsaida Serang, Perusahaan merogoh kocek sekitar Rp 330 miliar di luar tanah.

Baca juga: Juni 2024, Rumah Sakit Internasional di IKN Siap Beroperasi

Sebagian besar dari nilai investasi ini dialokasikan untuk medical equipment atau peralatan kesehatan mutakhir macam USG 4 dimensi, CT Scan 128 slice, dan laboratorium kateterisasi.

Interior RS Bethsaida Serang, BantenParamount Interior RS Bethsaida Serang, Banten
Selain itu, RS ini juga dilengkapi dengan pusat layanan unggulan yang mencakup medical rehabilitation center, heart center, trauma center, mom and children center, dan medical chek-up center.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com