Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Lakukan Renovasi Kamar Mandi

Kompas.com - 08/05/2023, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Merenovasi ruangan di rumah Anda adalah proyek besar, terutama bila ingin merombak area kamar mandi.

Jika kamar mandi Anda masih berfungsi dengan baik, sebaiknya tunda renovasi sampai Anda benar-benar siap baik secara ketersediaan waktu serta biaya. 

Agar tidak salah menentukan rencana, berikut empat hal paling penting untuk dipertimbangkan sebelum Anda memulai proyek renovasi kamar mandi.

Baca juga: Cara Memilih Exhaust Fan yang Tepat untuk Kamar Mandi Anda

Umur material

Setiap orang tentu ingin memilih bahan yang kuat dan tahan lama demi memperpanjang umur kamar mandi baru yang dibuat.

Meskipun ini mungkin berarti membayar sedikit lebih banyak di awal, namun Anda bisa terhindar dari membeli bahan yang lebih murah berkali-kali selama bertahun-tahun ke depan.

Hal ini juga akan memberikan dampakt lingkungan yang lebih rendah, karena lebih sedikit limbah yang akan dihasilkan.

Nilai jual kembali

Bahan dan desain kamar mandi yang Anda pilih juga harus bergantung pada berapa lama Anda berencana untuk tinggal di properti tersebut.

Jika Anda pikir Anda akan pindah dalam beberapa tahun ke depan, mungkin lebih pintar untuk memilih material dengan biaya standar serta gaya yang netral.

Dengan begitu itu akan terlihat mengesankan dan masih menambah nilai jual kembali properti Anda namun tidak menguras kantong.

Di sisi lain, jika Anda berencana untuk tinggal di rumah tersebut dalam jangka panjang, maka Anda harus memiliki sesuatu yang Anda sukai serta berkualitas tinggi.

Kondisi pipa saluran air

Saat merenovasi kamar mandi, penting untuk mempertimbangkan kondisi pipa ledeng saat ini dan apakah mereka perlu diperbarui.

Misalnya, pipa tua atau rusak harus segera diganti karena dapat membahayakan keselamatan dan dapat menyebabkan kebocoran atau banjir.

Penggantian kran atau kepala pancuran yang lebih baru juga dapat memberikan tampilan modern pada kamar mandi.

Baca juga: Terapkan Tips Ini Agar Wallpaper Dinding di Kamar Mandi Bisa Bertahan Lama

Biaya tak terduga

Dianjurkan untuk menyisihkan uang ekstra untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan atau masalah yang tidak terduga.

Hal ini sangat penting dipersiapkan jika Anda berencana melakukan sebagian besar renovasi sendiri, karena kesalahan pasti akan terjadi jika Anda tidak memiliki pelatihan profesional.

Biaya mempekerjakan seorang profesional akan sepadan dibandingkan dengan biaya potensial untuk mengganti bahan dan perlengkapan atau risiko cedera pada diri sendiri.

Merenovasi kamar mandi bukanlah proyek kecil, oleh karena itu Anda perlu mengetahui semua potensi masalah yang mungkin muncul sebelum Anda mulai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com