Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca Kebakaran Hutan, Tol Pekanbaru-Dumai Masih Aman untuk Dilintasi

Kompas.com - 24/04/2023, 09:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kota Dumai, Riau, masih belum juga membaik.

Kebakaran besar tersebut terjadi di kawasan gambut di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Dumai. Akibatnya, lautan asap menyelimuti pemukiman warga sekitar.

Hingga Senin (24/4/2023), terhitung enam hari sudah karhutla berlangsung. Berdasarkan laporan di lapangan, upaya pemadaman masih terus dilakukan oleh tim gabungan.

Baca juga: Tol Pekanbaru-Koto Kampar Diprediksi Jadi Kontributor Trafik Terbesar JTTS

Meskipun kebakaran masih berlangsung, saat ini Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) dipastikan masih dapat dilintasi.

Branch Manager Tol Pekanbaru-Dumai PT Hutama Karya, Jarot Seno Wibawa mengatakan sampai saat ini, Karhutla Dumai belum berpengaruh langsung ke operasional Tol Pekanbaru-Dumai.

 

“Tol Pekanbaru-Dumai masih berjalan dengan lancar dan aman dilintasi pengguna serta tidak mengganggu jarak pandang karena lokasi kebakaran cukup jauh dari ruas tol,” ungkap Jarot saat dikonfirmasi oleh Kompas.com, Senin (24/4/2023).

Baca juga: Tol Pekanbaru-Dumai Dilengkapi 4 Rest Area Sementara, Cek Lokasinya

Ia menambahkan, sebagai langkah antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, saat ini Hutama Karya terus menyiagakan seluruh personil.

Tol Pekanbaru–Dumai sendiri memiliki panjang 131,48 Km dan telah dibuka secara fungsional mulai bulan Mei 2020.

Spesialnya, ruas tol ini memiliki empat terowongan perlintasan gajah tepatnya di Seksi IV Kandis Utara– Duri yang melintasi Kawasan Suaka Margasatwa Balai Raja dan Siak Kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com