Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Sakit Internasional di IKN Segera Dibangun, Wakil Otorita: Mei Terpilih

Kompas.com - 13/04/2023, 11:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) memberikan sinyal bahwa pembangunan rumah sakit internasional di IKN akan dimulai dalam beberapa bulan ke depan.

Hal itu dikemukakannya usai Rapat Terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Rabu (12/03/2023).

Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe menyampaikan, Presiden Jokowi menekankan agar di IKN dibangun fasilitas kesehatan berskala internasional.

"Ada beberapa rumah sakit yang sudah berminat dan segera akan kita umumkan, mudah-mudahan Mei sudah ada yang terpilih, yang sesuai arahan Pak Presiden, ini rumah sakit unggul yang harus ada kerja sama dengan internasional," terangnya dikutip dari laman Sekretariat Kabinet RI.

Baca juga: Bukan Rumah Dinas, 30 Persen Hunian ASN di KIPP IKN Bisa Dibeli

Untuk diketahui, sebagaimana informasi yang dilansir dari laman resmi IKN, tertulis bahwa rumah sakit internasional di IKN ditargetkan siap beroperasi pada Juni 2024 mendatang.

Selain itu, dikutip dari situs The Straits Times, Jokowi menyampaikan, sudah ada sembilan rumah sakit dan tujuh universitas yang menyatakan minat untuk hadir di IKN. Beberapa di antaranya didukung dengan kemitraan asing.

Jokowi berharap rumah sakit di Singapura seperti, Rumah Sakit Mount Elizabeth dan Rumah Sakit Gleneagles beserta universitasnya, bisa melakukan hal yang sama atau dalam hal ini tertarik berdiri di IKN.

Adapun secara keseluruhan, progres pembangunan fisik IKN telah mencapai 26 persen.

Hal itu mencakup pembangunan infrastruktur dasar seperti infrastruktur air minum, sanitasi, jalan, gedung pemerintahan, dan perumahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com