Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 KK di Desa Padende Sulteng Dapat Rp 20 Juta untuk Bedah Rumah

Kompas.com - 09/04/2023, 14:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 20 kepala keluarga (KK) di Desa Padende, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mendapatkan bantuan bedah rumah sebesar Rp 20 juta.

Jumlah ini terdiri pembelian bahan bangunan senilai Rp 17,5 juta dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Iwan Suprijanto mengatakan, bantuan ini merupakan bagian dari program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)

"Masyarakat yang memenuhi syarat dan layak akan mendapatkan bantuan program BSPS. Pemerintah memberikan dana stimulan senilai Rp 20 juta diberikan pemerintah untuk pembelian bahan bangunan senilai Rp 17,5 juta dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang," katanya dalam rilis, Minggu (9/4/2023).

Iwan menambahkan, BSPS merupakan salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan hunian layak bagi masyarakat dengan memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Baca juga: Tahun 2023, Sebanyak 145.000 Rumah Akan Dibedah Melalui BSPS

Ini dilakukan untuk mendorong pelaksanaan BSPS. Sehingga, mampu meningkatkan kualitas rumah masyarakat yang sebelumnya tidak layak huni menjadi lebih layak huni.

Salah seorang warga Desa Padende di Sigi, Masri (41 tahun) mengaku, dirinya bersama 19 KK lainnya yang tinggal di Dusun III Desa Padende mendapatkan bantuan peningkatan kualitas rumah swadaya dari Ditjen Perumahan Kementerian PUPR melalui BSPS.

Dirinya mengaku bahwa bantuan ini sangat berharga bagi masyarakat yang tidak punya pekerjaan dan penghasilan tetap.

Baca juga: Bedah Rumah di Kabupaten Aceh Utara Telan Dana Rp 53,4 Miliar

"Dulu rumah kami sering bocor kalau musim hujan tiba dan dindingnya juga dari bahan seadanya. Tapi sejak dapat bantuan BSPS kami sekarang bisa memperbaiki rumah dengan bantuan stimulan dari pemerintah," ujar Masri.

Masri mengaku sangat bahagia dan bersyukur serta berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu mereka dalam proses pembangunan rumah, khususnya Kementerian PUPR yang telah memberikan bantuan BSPS ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com