Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/04/2023, 16:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) mencatat, ada 2.699.585 orang menggunakan layanan MRT Jakarta pada Maret 2023.

Mengutip informasi dari laman resmi MRT Jakarta pada Sabtu (08/04/2023), jumlah tersebut menunjukkan rata-rata sekitar 87.083 orang menggunakan MRT Jakarta setiap harinya.

Dengan ketepatan waktu tempuh, kedatangan, dan berhenti ratangga pun tercatat mencapai 100 persen.

Jumlah angka keterangkutan tersebut juga menunjukkan adanya kenaikan 284.875 orang dari jumlah total penumpang Februari 2023, yaitu 2.384.710 orang.

Kenaikan pesat angka keterangkutan ini menunjukkan kepercayaan tinggi masyarakat terhadap layanan MRT Jakarta.

Baca juga: Jasa Marga-MRT Jakarta Sepakat Garap Pengembangan Jalur MRT dan TOD

Untuk menaikkan angka keterangkutan, PT MRT Jakarta bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dari industri wisata seperti sektor kuliner, aktivitas, hingga pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket di sejumlah tempat wisata.

Kerja kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan (feeder) juga mendorong peningkatan angka keterangkutan seperti PPD, Tebengan, gojek, grab, transjakarta, dan Swoop.

Kehadiran angkutan pengumpan ini akan berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, namun juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan (ride sharing).

Secara angka, operator pengumpan ini menyumbang sekitar 19 persen angka keterangkutan dari total ridership MRT Jakarta.

Adapun pada 2023, PT MRT Jakarta menargetkan jumlah pengguna jasa MRT Jakarta sebanyak 70.000 orang per hari hingga akhir tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com