Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Informasi Lengkap Kondisi Jalur Mudik? Cek Situs Ini

Kompas.com - 08/04/2023, 13:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang hendak melaksanakan mudik Lebaran 2023 perlu memiliki kesiapan. Salah satunya mengenai informasi jalur mudik.

Mengingat berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenub) melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT), pergerakan masyarakat diprediksi mencapai 123,8 juta orang.

Jumlah ini meningkat 14,2 persen jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran tahun 2022 lalu yang mencapai 85,5 juta orang.

Dengan banyaknya masyarakat yang melaksanakan perjalanan mudik, rasanya mempersiapkan bekal informasi menjadi sangat penting.

Untuk mendapatkannya, kini masyarakat bisa mengakses situs Siaga Sapta Taruna 2023 Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, yakni https://binamarga.pu.go.id/mudik.

Di dalam situs tersebut, terdapat lima menu informasi mengenai jalur mudik Lebaran 2023.

Baca juga: Sejumlah Titik Rawan Macet di Jalan Nasional Jawa Jadi Atensi Kementerian PUPR

Pertama, terdapat menu peta. Peta yang dimaksud meliputi posko jalur mudik; titik rawan longsor, kemacetan, banjir, dan pasar; jalur alternatif; lokasi wisata Pansela; rest area; dan lokasi CCTV tol.

Kedua, tersedia pula CCTV jalan tol. Di dalamnya Anda bisa memantau kondisi lalu lintas di 65 ruas tol.

Ketiga, terdapat CCTV jalan non-tol. Menu informasi ini akan masuk pada situs Road Transport And Traffic Management Center (RTTMC) Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub.

Di dalamnya tersaji video pantauan kondisi lalu lintas di berbagai ruas jalan nasional. Mulai dari jalur utara, jalur tengah, jalur selatan, jalur barat, hingga terminal.

Baca juga: Pantau Kepadatan Lalin Selama Mudik Lebaran Lewat Aplikasi Tol Kita

Keempat, tersedia informasi tarif dan navigasi tol. Menu informasi ini terhubung ke situs Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Anda bisa mengaksesnya untuk membuat rencana rute perjalanan mudik via tol sekaligus mempersiapkan besaran tarifnya.

Terakhir, terdapat menu prakiraan cuaca BMKG. Tentu informasi yang terhubung ke situs milik BMKG ini menyajikan prakiraan kondisi cuaca terbaru.

Sehingga, dengan mengakses situs Ditjen Bina Marga ini, masyarakat diharapkan bisa melangsungkan perjalanan mudik dengan lancar, nyaman, dan selamat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com