Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2023, 21:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Rumah Tapak jabatan Menteribdi Ibu Kota Nusantara (IKN) telah berlangsung sejak Desember 2022 lalu.

Pembangunan 36 unit rumah yang berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN itu progresnya telah mencapai 14 persen.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah meninjau progres pembangunannya pada Kamis (23/02/2023).

Jokowi mengatakan, pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri ditargetkan selesai pada Juni 2024 sebagai salah satu persiapan penyelenggaraan upacara bendera Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024 di IKN.

"Ada 36 di sini nanti bangunan yang kita harapkan di Juni 2024 itu selesai karena memang kita ada target 17 Agustus 2024 ada upacara bendera di Ibu Kota Nusantara," jelasnya dalam keterangan resmi.

Baca juga: Alasan di Balik Biaya Bangun Rumah Menteri di IKN Rp 14 Miliar Per Unit

Menurut Kepala Negara, Rumah Tapak Jabatan Menteri menjadi salah satu bukti bahwa pembangunan IKN telah dimulai.

"Saya hanya ingin menyampaikan sebuah optimisme bahwa Ibu Kota Nusantara ini telah dimulai pembangunannya baik infrastruktur berupa nanti kantor dan ini rumah menterinya," pungkas Jokowi.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menambahkan, pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di IKN telah dimulai sejak Desember 2022 sesuai kontrak.

Konstruksinya dilaksanakan oleh PT Adhi Karya-Ciriajasa, KSO, dengan nilai kontrak sebesar Rp 493 miliar.

"Pembangunannya dilakukan di atas lahan sekitar 20 hektare lengkap dengan furniture serta akan dilengkapi fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum)," tutup Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com