Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Tiga Ruas Tol Trans-Sumatera yang Segera Difungsikan, Ini Profilnya

Kompas.com - 19/02/2023, 10:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menyebutkan bakal menyelesaikan tiga ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) tahap 1 dalam waktu dekat.

Meliputi ruas Tol Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi Simpang Indralaya-Prabumulih, serta Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro dan Seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam.

Direktur Operasi III Koentjoro menyampaikan, saat ini pengerjaan tol Simpang Indralaya-Prabumulih sudah mencapai 90,38%, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 mencapai 97,97% dan Seksi 6 sudah mencapai 85,05%.

Sementara progres pembebasan lahan dari ketiga ruas ini rata-rata sudah mencapai lebih dari 97%, sehingga diperkirakan bisa selesai tepat waktu.

Baca juga: Ada 738 Kilometer Jalan Tol Beroperasi di Sumatera, Ini Daftarnya

"Apabila pengerjaan konstruksi dan proses pembebasan lahan tidak ada hambatan, ketiga ruas tol ini diharapkan dapat dibuka secara fungsional pada saat mudik Lebaran tahun 2023 mendatang," ujar Koentjoro dalam keterangan resmi dikutip dari laman Hutama Karya, Jumat (17/02/2023).

Sebelum Anda nantinya melintasi ketiga ruas tol tersebut, baiknya mengetahui profil singkatnya berikut ini:

Wilayah yang Dilintasi

Ruas Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan Seksi 6 lintasan wilayahnya mencakup Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Namhn secara keseluruhan, Tol Sigli-Banda Aceh melewati tiga wilayah di Provinsi Aceh, yaitu Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie.

Nantinya dapat memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Kota Banda Aceh ke Kota Sigli di Provinsi Aceh.

Di mana semula sekitar 3 jam dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok melalui perbukitan menjadi hanya 1 jam perjalanan.

Sementara untuk Tol Simpang Indralaya-Prabumulih, nantinya melintasi dua wilayah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yakni Kabupaten Ogan Ilir dan Kota Prabumulih.

Namun secara keseluruhan Tol Indralaya-Muara Enim melintasi tiga kabupaten dan kota di Sumsel, yakni Ogan Ilir, Prabumulih, dan Muara Enim.

Jika nantinya tuntas, diperkirakan hanya membutuhkan waktu 1 jam dari Palembang menuju Prabumulih dengan rencana kecepatan 100 km/jam.

Baca juga: Cek di Sini, 5 Ruas Tol Baru di Sumatera yang Beroperasi Lebaran 2023

Panjang Ruas Tol

Ruas Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan Seksi 6 merupakan dua dari total enam seksi yang membentang sepanjang 74,2 km.

Dua ruas tersebut memiliki panjang sekitar 12 km. Rinciannya Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro sepanjang 7,3 km dan Seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam 5 km.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com