Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2023, 15:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Salah satu ciri khas menjelang perayaan Imlek adalah meriahnya dekorasi di berbagai sudut kota, terutama di kawasan pecinan atau china town.

Beberapa pecinan yang cukup tersohor di Indonesia, seperti Petak Sembilan Glodok, Pecinan Singkawang, dan Pecinan Semarang, tentu sudah ramah dikunjungi, terutama bagi mereka yang ingin berburu pernak-pernik imlek.

Namun, tahukah Anda di mana letak pecinan tertua di dunia? Jawabannya bukan di Amerika Serikat, melainkan di negara tetangga Indonesia, yakni Filipina.

Baca juga: Asal-usul Ruko, Dari Fujian Hingga Ke Pecinan

Adalah Pecinan Binondo yang berlokasi di Binondo, sebuah distrik di ibu kota Filipina, Manila. Lokasi ini sudah didirikan pada tahun 1590-an oleh Spanyol sebagai permukiman Tionghoa Katolik.

Lokasinya berada di seberang Sungai Pasig, yang merupakan bekas markas Spanyol Intramuros.

Posisinya dekat dengan Intramuros agar bisa dengan mudah diawasi oleh para penjajah dari Spanyol.

Meskipun hampir 20.000 orang Tionghoa terbunuh setelah pemberontakan pada tahun 1603, para imigran dari China terus berduyun-duyun datang ke Binondo.

Selama waktu berjalan, Binondo telah menjadi bagian integral dari Manila dan merupakan salah satu area yang berkembang pesat.

Tempat terbaik yang patut dikunjungi di Binondo adalah Carvajal Street, atau dikenal sebagai Umbrella Alley yang menawarkan berbagai jajanan kaki lima terbaik.

Suasana Perayaan Imlek pada tahun 2016 di Pecinan  Binondo, Manila, FilipinaShutterstock Suasana Perayaan Imlek pada tahun 2016 di Pecinan Binondo, Manila, Filipina
Banyak pilihan hidangan menarik yang bisa dicoba, mulai dari hidangan eksotis, seperti kaki katak, beragam makanan manis seperti egg tart dan hopia.

Anda juga wajib berkunjung ke tempat ibadah lainnya, seperti Minor Basilica dan Kuil Nasional San Lorenzo Ruiz, yang dibangun pada tahun 1596 ketika Filipina masih berada di bawah kekuasaan Spanyol.

Baca juga: Jangan Sampai Tiket Hangus, Ini Syarat Terbaru Naik Kereta saat Libur Imlek

Basilika tersebut didedikasikan untuk martir pertama di Filipina yaitu Lorenzo Ruiz yang meninggal selama penyebaran injil di Jepang.

Selain berbagai pusat perbelanjaan, di Binondo juga terdapat Chinatown Museum akan membawa Anda berwisata ke masa lalu dan menyaksikan kekayaan masa lalu distrik ini.

Di museum, pengunjung juga akan belajar bagaimana china town dimulai dan perannya dalam sejarah Filipina.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com