Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Lagi, Jadwal Layanan dan Sistem Tiket LRT Jabodebek

Kompas.com - 14/01/2023, 09:39 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan LRT Jabodebek per Januari 2023 telah mencapai progres 88,38 persen, dan ditargetkan dapat beroperasi pada Juli 2023.

Saat ini KAI bersama pihak-pihak terkait terus mempersiapkan berbagai aspek agar LRT Jabodebek dapat beroperasi sesuai target yang direncanakan.

Manager Public Relation LRT Jabodebek, Kuswardojo menyampaikan, rencananya jadwal layanan LRT Jabodebek mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 23.27 WIB.

"Nantinya LRT Jabodebek rata-rata akan melayani sebanyak 434 perjalanan KA setiap harinya dengan target awal pengguna jasa sebanyak 137.000 setiap harinya," ujar Kuswardojo dalam keterangan resmi pada Jumat (13/01/2023), dikutip dari Kompas.com.

LRT Jabodebek akan hadir setiap 4 menit di Stasiun Dukuh Atas-Cawang, setiap 8 menit di Stasiun Jati Mulya-Cawang, serta setiap 8 menit di Stasiun Harjamukti-Cawang.

LRT Jabodebek akan menghadirkan 18 stasiun. Stasiun-stasiun tersebut terintegrasi dengan moda transportasi lain sehingga memudahkan masyarakat bermobilisasi.

Baca juga: Daftar 18 Stasiun LRT Jabodebek, Bakal Ada yang Nyambung Kereta Cepat dan MRT

Selain itu stasiun LRT Jabodebek tersebar di lokasi yang strategis mulai dari kawasan perumahan, perbelanjaan, hingga kawasan bisnis sehingga memudahkan masyarakat dalam menggunakan LRT Jabodebek.

Sementara itu, tiket LRT Jabodebek menerapkan sistem cashless menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) Transportasi yang sudah ada misalnya KMT, Kartu Uang Elektronik ataupun dompet digital/e-wallet.

"KAI juga menyiapkan petugas pengawas stasiun, petugas loket, passenger service, cleaning service, petugas kesehatan, dan security untuk mengoptimalkan pelayanan pada pelanggan di semua stasiun LRT Jabodebek," tandas Kuswardojo.

Baca juga: Fasilitas Depo LRT Jabodebek, Mulai Tempat Parkir hingga Sistem Kendali Operasi

Adapun dalam melayani masyarakat, LRT Jabodebek akan mengoperasikan 31 trainset/rangkaian. Setiap trainset/rangkaian LRT Jabodebek terdiri atas 6 kereta.

Dengan demikian, LRT Jabodebek mampu mengangkut mencapai 1.308 penumpang. Itulah kapasitas angkut LRT Jabodebek.

 

Editor: Muhammad Choirul Anwar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com