Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Loemongga Haoemasan: Peran Strategis Perempuan di Sektor Properti Tak Sekadar Komposisi dan Kesetaraan

Kompas.com - 09/12/2022, 07:45 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesetaraan dan komposisi perempuan dalam peran strategisnya di sektor properti dan konstruksi sudah bukan merupakan isu penting lagi.

Sebaliknya, perempuan adalah pembuat keputusan penting, punya kapabilitas dan kompetensi dalam menentukan arah kebijakan berbasis kondisi aktual pasar properti.

Termasuk mengantisipasi potensi resesi ekonomi global dengan menyiapkan sejumlah upaya mitigasi risiko yang paling berat sekalipun.

Demikian pandangan CEO Asiana Lintas Development Loemongga Haoemasan dalam Asia Real Estate Summit (ARES) 2022.

"Konvensionalitas peran perempuan di dunia maskulin seperti sektor properti dan konstruksi justru merupakan victimize yang tidak seharusnya didramatisasi. Domestifikasi peran perempuan itu sudah basi," ujar Loemongga menjawab Kompas.com, Kamis (8/12/2022).

Baca juga: Gandeng Asiana, Raffi Ahmad-Nagita Slavina Berencana Bangun Apartemen Khusus Milenial

Perempuan harus ditampilkan sebagai para pemimpin yang mampu mendorong pengembangan, investasi, dan pertumbuhan properti dengan fokus khusus pada teknologi properti melalui sejumlah inovasi.

"Bagaimana membangun sebuah proyek yang selaras dengan ekonomi dan teknologi digital, keberlanjutan, green development, perubahan iklim, keragaman dan inklusivitas, serta ekonomi baru pasca-pandemi," cetus Loemongga.

Asiana sendiri yang telah dipimpinnya selama 17 tahun menyiapkan sejumlah strategi menghadapi tahun 2023 yang masih penuh tantangan.

Two SenopatiAsiana Two Senopati
Sebagai pengembang khusus properti eksklusif, karenanya disebut boutique developer, Asiana memperluas pasar baru dengan menggarap ceruk generasi milenial dan zilenial (Gen Z).

Strategi ekspansi pasar ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan mereka. Proyek yang dirancang pun direalisasikan dengan pendekatan berbeda.

Tidak lagi dengan metode konservatif, meski properti masih dianggap sebagai big ticket item, melainkan dengan strategi yang sesuai dinamika kedua generasi itu.

Teknologi digital juga dimanfaatkan untuk semakin mendorong inklusifitas produk properti sehingga bisa menjadi instrumen investasi dan aset yang menarik serta paling realistis untuk dimiliki saat ini.

Berkolaborasi dengan RANS Group milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Asiana merancang mixed use development  di Green Andara, Jakarta Selatan.

Proyek ini mengintegrasikan apartemen dan lifestyle center, serta dilengkapi dengan sejumlah fasilitas di atas lahan seluas 2 hektar.

Two SenopatiAsiana Two Senopati
Sebut saja pusat kebugaran (gym), kafe, restoran, ruang ritel, kolam renang, children playground, day care, dan taman atau ruang terbuka hijau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com