Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Ketangguhan Volta, Menjajal Jalan Berlubang dan Banjir di Kota Medan

Kompas.com - 19/11/2022, 20:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Kurir SiCepat sudah wara-wiri di Jalanan Kota Medan dengan sepeda motor listriknya. Seragam warna menyolok mati membuat gampang ditandai, semakin mudah dikenali karena mereka menggunakan sepeda motor listrik Volta saat mengantarkan paket.

Siapa di balik kehadiran dua merek tersebut? Adhya Group namanya, bergerak di empat pilar bisnis yaitu: property dan hospitality, media, entertainment dan creative, food and beverage serta product and services.

Diler utama Volta untuk Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dibuka di Kota Medan pada 11 November 2022, di Jalan Profesor HM Yamin Nomor 25, Kota Medan. Dilakukan pula perjanjian kerja sama dengan Adira Finance Medan untuk pembiayaan kredit.

Saat pembukaan, lima orang langsung membeli tunai tipe 401, paling mahal dan gahar seperti yang dipakai sang brand ambassador Deddy Corbuzier.

Baca juga: Setelah Pengadaan Motor Listrik, Hippindo Bakal Sediakan SPKLU

Alasan kelima pembeli memakai motor listrik, pertama karena tidak perlu lagi mikirin Bahan Bakar Minyak (BBM) yang harganya naik turu, antre di SPBU, mengganti oli setiap bulan. Selain itu, spontannya lebih enak dibanding matic yang lain dan desainnya bagus.

Pemerintah sudah mewacanakan penggunaan motor listrik dalam aktivitas dan mobilitas masyarakat.

Wali Kota Medan Bobby Nasution juga dinilai punya rencana menjadikan Medan sebagai kota ramah lingkungan dengan penggunaan energi bersih.

Chief Executive Officer Adhya Group Ricky Wijaya mengaku sedang melakukan pendekatan, inginnya, semua aparatur pemerintahan daerah memakai motor listrik untuk mengurangi penggunaan BBM fosil.

"Lagi kita omongin juga, pendekatan, supaya semua pakai kendaraan hemat energi," kata Ricky, Sabtu (19/11/2022).

Kalau memungkinkan dilakukan kerja sama, apakah akan menggunakan semua produk Volta atau membuka kesempatan untuk kompetitor lain.

Ricky bilang, pihaknya terbuka dan senang kalau banyak yang ikut berkompetisi. Alasannya, bisa sama-sama mengajari masyarakat tentang apa itu motor listrik.

Baca juga: Hippindo Rilis Program Satu Juta Motor Listrik untuk Sektor Ritel

"Gak bisa kita sendiri, harus bareng, edukasi ini yang masih minim. MoU dengan Adira membuat potensi lebih besar lagi B2B, mendorong pebisnis-pebisnis lokal yang punya karyawan banyak mendukung program konversi kendaraan konvensional ke listrik," beber Ricky.

Disinggung soal kondisi jalanan Kota Medan yang berlubang di sana-sini dan sering digenangi air hingga sepinggang orang dewasa, Ricky bilang Volta cukup tangguh dan kuat menjajalnya.

"Indikatornya, semua kurir SiCepat menggunakan Volta dan tidak ada masalah dengan unitnya," ungkapnya.

Mengapa memilih Kota Medan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com