Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Genangan, Akses Masuk-Keluar Bitung Tol Jakarta-Tangerang Masih Ditutup

Kompas.com - 14/11/2022, 17:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Metropolitan Tollroad dan PT Jasamarga Tollroad Maintenance melakukan penanganan genangan di Jalan Tol Jakarta-Tangerang, tepatnya di Simpang Susun (SS) Bitung Km 26.

Sebelummya, perusahaan telah menangani genangan di Km 24+000 di Tol Jakarta-Tangerang.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti mengatakan, hingga saat ini akses keluar Bitung dari Jakarta dan akses masuk Bitung menuju Cikupa masih dilakukan penutupan sementara.

Ini dilakukan demi keamanan dan keselamatan pengguna jalan dikarenakan pada lokasi tersebut masih terdapat genangan dan belum dapat dilintasi kendaraan.

Baca juga: Waspada! Ada Perbaikan Tol Jakarta-Tangerang, Ini Titik dan Jadwalnya

"Sedangkan akses keluar Bitung dari arah Cikupa dan akses masuk Bitung menuju arah Jakarta beroperasi normal," terang Irra dikutip dari siaran pers, Senin (14/11/2022).

Irra menjelaskan, genangan di SS Bitung Tol Jakarta-Tangerang terjadi akibat curah hujan yang tinggi pada Minggu, (13/11/2022), serta tingginya debit air Sungai Kali Manis. Sehingga, limpasan air memasuki badan jalan.

Oleh karena itu, Jasa Marga melakukan sejumlah penanganan di antaranya dengan memfungsikan dua pompa submersible eksisting berkapasitas 60 liter per detik dan 30 liter per detik, 3 pompa vertikal berkapasitas 80 liter per detik.

Kemudian, dua unit tambahan mobile pompa berkapasitas 80 liter per detik, menutup sementara akses masuk dan keluar Bitung di Km 26 selama proses penanganan, serta pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas (lalin) di lokasi genangan.

Adapun sebagai langkah antisipasi jangka pendek dan panjang, Jasa Marga akan melakukan normalisasi waduk untuk menambah kapasitas tampungan air.

Selain itu, meninggikan tanggul, juga meningkatkan kapasitas gorong-gorong di sekitar lokasi genangan.

"Sementara sebagai bentuk kepedulian, melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad dan berkoordinasi dengan Satuan Tugas Bencana BUMN Provinsi Banten, Jasa Marga akan menyerahkan bantuan berupa bahan makanan siap saji untuk kebutuhan dapur umum warga yang juga terdampak banjir di Provinsi Banten," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com