Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Top! Bekasi dan Karawang Catat Penjualan Lahan Industri Terbanyak Se-Jabodetabek

Kompas.com - 26/10/2022, 16:32 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bekasi dan Karawang mencatatkan penyerapan lahan industri terbanyak se-Jabodetabek selama Kuartal III tahun 2022 ini.

Betapa tidak, 90 persen dari 90,9 persen penjualan lahan industri di Jabodetabek berasal dari dua wilayah tersebut.

Akan tetapi, penyerapan lahan industri secara keseluruhan mengalami penurunan quarter-on-quarter (QoQ) atau secara kuartalan.

Associate Director Research & Consultancy Leads Property Indonesia Martin Samuel Hutapea mengatakan hal ini dalam laporan yang diterima Kompas.com, Selasa (25/10/2022).

"Tingkat penjualan secara keseluruhan tercatat sebesar 90,9 persen, mengalami penurunan sebesar 0,07 basis poin QoQ," terang Martin.

Dia membeberkan, lini bisnis yang menjadi pemain utama dari penyerapan lahan industri di Jabodetabek berasal dari sektor otomotif dan tekstil.

Baca juga: Puradelta Raup Marketing Sales Rp 1,33 Triliun, Sukses Jual 40,7 Hektar Lahan Industri

Selanjutnya, diikuti sektor logistik, Fast Moving Consumer Goods (FMCG) atau barang konsumen yang bergerak cepat, bahan bangunan, serta kimia.

Lanjut Martin, rata-rata harga lahan industri mengalami stagnasi dengan sedikit perubahan
sejak awal tahun 2021 hingga saat ini.

Harganya tercatat pada kisaran Rp 2,82 juta per meter persegi atau mengalami kenaikan tipis 0,3 persen secara kuartalan.

"Kekhawatiran adanya inflasi terhadap nilai lahan tidak begitu berpengaruh karena nilai lahan industri tidak secara langsung dipengaruhi oleh harga komoditas, tetapi oleh dinamika pasokan-permintaan," ujar Martin menambahkan.

Selama periode ini juga, terdapat tambahan pasokan baru sebesar 25 hektar pada pasar lahan industri.

Sehingga, pasokan kumulatif lahan industri menjadi 13.219 hektar, dengan pertumbuhan 0,2 persen secara kuartalan.

Pertumbuhan yang sedikit ini disumbangkan oleh adanya konversi dari landbank (cadangan lahan) yang menjadi pasokan pengembang guna persiapan potensi permintaan yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com