Kompas.com - 30/09/2022, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR merenovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk menyambut tamu KTT G20 hingga wisatawan lokal maupun mancanegara.

Penanganan TMII dilakukan secara terpadu dan ditangani masing-masing direktorat jenderal (Ditjen).

Meliputi Ditjen Cipta Karya merenovasi bangunan dan penataan kawasan, Ditjen SDA pembenahan danau Archipilago serta penataan maritim dan danau laut tawar.

Serta, Ditjen Bina Marga yang merenovasi semua jalan-jalan yang ada di kawasan taman mini.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Wilan Oktavian menjelaskan, ada tiga paket pekerjaan jalan yang ditangani dengan total panjang 5,5 kilometer.

Saat ini semua proses pengerjaan telah selesai, termasuk penataan trotoarnya.

"Mungkin desain nya seperti yang di Labuan Bajo dan Bali, untuk desain sendiri dari Ditjen Cipta Karya, kita hanya melaksanakan saja," ujar Wilan dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (29/09/2022).

Baca juga: Setelah Renovasi, TMII Dibuka untuk Perhelatan G20 6 Oktober 2022

Dukungan konektivitas jalan di kawasan TMII dilakukan dengan alokasi anggaran Rp 127,68 miliar.

Jalur pesepeda di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Rabu (31/8/2022).KOMPAS.com/Viona Pricilla Jalur pesepeda di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Rabu (31/8/2022).
Penanganan jalan dan pedestrian TMII tidak hanya mengutamakan kualitas mutu pada konstruksi, tetapi juga keindahan atau beautifikasi serta memprioritaskan fasilitas bagi kaum difabel.

Misalnya, pedestrian lebar dan tidak terputus serta terdapat guiding block (jalur pemandu), lampu penerangan jalan, lampu sorot outdoor, dan tanaman untuk memperindah lansekap.

Baca juga: Bukan Program Kementerian PUPR, Anjungan TMII Ditata Masing-masing Pemda

Selain itu, trotoar juga dilengkapi dengan bangku atau kursi, serta tempat sampah untuk menambah kenyamanan pengunjung ketika berwisata di TMII.

Jalur sepeda juga disediakan untuk mendukung gaya hidup sehat bagi pengunjung yang berminat olah raga sepeda di TMII.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.