Kompas.com - 29/09/2022, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) atau homestay di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Program kualitas rumah warga menjadi layak huni di DPSP Pulau Morotai totalnya sebanyak 170 unit yang terbagi menjadi dua bantuan.

Yaitu berbentuk usaha pariwisata seperti homestay dan kafe sebesar Rp 100 juta berjumlah 20 unit, dan hunian untuk non-usaha pariwisata sebesar Rp 35 juta sebanyak 150 unit.

Jumlah 150 unit rumah tersebut tersebar di delapan desa, yakni Desa Posi-Posi Rao, Desa Galo-Galo, Desa Aru Burung, Desa Buho-Buho, Desa Lifao, Desa Bido, Desa Gorua, dan Desa Loleo.

Total anggaran yang disalurkan Kementerian PUPR untuk membangun Sarhunta di Pulau Morotai senilai Rp 7,25 miliar.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, pembangunan Sarhunta tersebut bertujuan untuk mendorong minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara berwisata ke Pulau Morotai.

"Kami ingin potensi pariwisata di Indonesia bisa menggeliat kembali pasca pandemi dan wisatawan bisa menikmati fasilitas penginapan yang dikelola oleh masyarakat," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (29/09/2022).

Baca juga: Mulai Rp 200 Ribu, Anda Bisa Menginap di Homestay KSPN Bromo-Tengger-Semeru

Sarhunta atau homestay yang dibangun telah dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti yang ada di hotel.

Pada saat pembangunannya pun melibatkan masyarakat sebagai pengelola penginapan serta menonjolkan desain kearifan lokal.

"Jadi wisatawan bisa menikmati keindahan wisata di Pulau Morotai sekaligus berinteraksi langsung dengan masyarakat," kata Iwan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.