Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditarget Kelar Akhir 2022, Ini Progres Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2

Kompas.com - 01/09/2022, 21:41 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi terus berjalan. Mengingat dari total 4 seksi, baru seksi 1 yang sudah beroperasi.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, saat ini untuk Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 Km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu.

Menurut dia hngga saat ini tengah dilanjutkan penyelesaian konstruksinya. Di mana yang tengah dikerjakan adalah Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 Km.

"Progres konstruksi 81,24 persen dan ditargetkan selesai konstruksinya pada Desember 2022 mendatang," ujarnya dikutip dari laman BPJT, Kamis (01/09/2022).

Kemudian setelah seksi 2 selesai konstruksinya serta beroperasi, akan dilanjutkan Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat 13,70 Km dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13,05 Km.

Baca juga: Intip Sejumlah Tempat Wisata yang Bisa Diakses dari Tol Ciawi-Sukabumi

Selain memberikan kelancaran akses berkendara, jalan tol ini juga mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan usaha di wilayah Jawa Barat, khususnya di wilayah Bogor, maupun di wilayah Sukabumi.

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi juga diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan menuju wilayah Sukabumi.

Seperti akses menuju ke Pelabuhan Ratu nantinya dapat menempuh waktu kurang lebih 1 jam. Kemudian jika dari wilayah Jakarta ke Pelabuhan Ratu nantinya hanya menempuh waktu 2,5 jam.

Sehingga akan semakin lebih cepat dalam memberikan dukungan kelancaran mobilitas berkendara masyarakat untuk menuju tempat wisata maupun kendaraan logistik yang didistribusikan di Jawa Barat.

Selanjutnya jalan tol ini juga memangkas waktu tempuh perjalanan dari Sukabumi, baik kabupaten maupun kota yang mengarah ke Ciawi.

Menghemat waktu 1 jam sampai 2 jam, dan saat ini hanya menjadi sekitar seperempat hingga setengah jam perjalanan saja.

Baca juga: Selama 5 Bulan, Ada Rekayasa Lalin di Tol Pondok Aren-Serpong, Catat Jamnya

Kehadiran Tol Ciawi-Sukabumi juga memberikan dukungan terhadap konektivitas menuju banyak pariwisata terkenal dengan keindahan alamnya di wilayah Jawa Barat.

Seperti pantai di Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, hingga Gunung Gede, dan banyak wisata lainnya.

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Trans Jabar Tol dengan nilai investasi sebesar Rp 11,71 triliun.

Nantinya Jalan Tol ini memiliki 6 buah Simpang Susun (SS) yang terdiri dari SS Ciawi, SS Caringin, SS Cigombong, SS Cibadak, SS Sukabumi Barat, dan SS Sukabumi Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com