KILAS

Peringati Hapernas 2022, Menteri PUPR Sebut Penyediaan Perumahan Rakyat Jadi Tanggung Jawab Negara

Kompas.com - 19/08/2022, 11:21 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa penyediaan perumahan bagi masyarakat merupakan salah satu tanggung jawab negara.

“Meskipun rumah merupakan sebuah private property, tapi menjadi tanggung jawab negara untuk menyediakan perumahan sebagai salah satu aspek hak asasi manusia (HAM),” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (19/8/2022).

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat melaksanakan kegiatan Pembukaan Rangkaian Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2022 di Gedung Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (18/8/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR dalam rangka memperingati Hapernas yang jatuh setiap tanggal 25 Agustus.

Adapun peringatan Hapernas 2022 mengangkat tema “Kolaborasi Wujudkan Hunian Layak dan Terjangkau untuk Kita Semua”.

Baca juga: 14 Tips Membeli Rumah

Pada kesempatan tersebut, Basuki menjelaskan bahwa rumah merupakan sebuah satu kesatuan dengan permukiman serta sektor lainnya.

Oleh karena itu, sebut dia, dibutuhkan sinergi dalam bentuk kolaborasi antara perumahan dan pengembangan kawasan permukiman, perbankan, dan sektor swasta.

Melalui kolaborasi tersebut, Basuki berharap dapat mendorong serta meningkatkan komitmen bersama dalam menyelesaikan tantangan dan permasalahan di bidang perumahan.

“Rumah tidak hanya menjadi tempat tinggal saja, tetapi juga berfungsi meningkatkan produktivitas dan jadi bagian dari komponen untuk menurunkan kemiskinan ekstrem di masyarakat," ucapnya.

Untuk menangani kemiskinan ekstrem itu, imbuh Basuki, Kementerian PUPR juga melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga lain, seperti Kementerian Sosial (Kemensos) dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Baca juga: BKKBN: Angka Kematian Ibu dan Bayi Masih Jadi Ancaman SDM di Indonesia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.