Kompas.com - 13/08/2022, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah merampungkan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Sehingga, PLBN terpadu yang dibangun mulai Februari 2020 dan selesai pada Juni 2022 itu sudah siap untuk diresmikan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan PLBN ini tidak hanya menjadi kebanggan Bangsa Indonesia sebagai bangsa besar.

Tetapi yang terpenting sekali adalah fungsi pertahanan keamanan dan sekaligus sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini (PNG).

"Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Sabtu (13/08/2022).

PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel, Papua.Dok. Kementerian PUPR PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel, Papua.
Pembangunan PLBN Yetetkun dilakukan oleh Kontraktor PT. Nindya Karya (Persero) dan MK PT. Ciriajasa Engineering & Management Consultant (CEC) dengan nilai fisik Rp 127,5 miliar.

Baca juga: Kelar Oktober 2022, PLBN Jagoi Babang Bakal Jadi Pusat Ekonomi Baru

Pembangunan PLBN Yetetkun dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Papua Ditjen Cipta Karya yang terbagi menjadi zona inti dan sub inti.

PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel, Papua.Dok. Kementerian PUPR PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel, Papua.
Lingkup pekerjaan pada zona inti meliputi gedung utama PLBN, pos pemeriksaan, pos gerbang, pos TNI, power house, mekanikal elektrikal dan plumbing (MEP), pengadaan peralatan X-Ray dan Thermal Detection, dan portal.

Sedangkan untuk zona sub inti akan dibangun rumah pegawai dan zona pendukung seperti kios (pusat ekonomi), lansekap, dan infrastruktur lainnya meliputi tempat pengolahan sampah dan penyediaan MCK.

Baca juga: Mengintip PLBN Sota, Kawasan Pertumbuhan Ekonomi Baru Papua

PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel, Papua.Dok. Kementerian PUPR PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel, Papua.
Diketahui dalam satu minggu jumlah pelintas yang melintasi PLBN Yetetkun ini sebanyak 14 orang dari total jumlah penduduk 2.206 Jiwa (2017).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.