Kompas.com - 10/08/2022, 12:15 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Perusahaan konstruksi raksasa di Malaysia, IJM Corporation berencana membangun logistic park atau taman logistik seluas 260 hektar.

Pusat logistik ini akan berlokasi di dekat pelabuhan Kuantan yang berada di pantai timur semenanjung Malaysia.

Dalam mewujudkan proyek barunya, IJM Corporation akan menggandeng anak perusahaan China Communications Construction, China Harbour Engineering Company (CHEC).

Proyek bernama Malaysia–China Kuantan International Logistics Park (MCKILP), akan dimiliki oleh kedua perusahaan, di mana CHEC menguasai 51 persen saham.

Baca juga: Takhta Akan Beralih, Ini Mal Terbesar di Malaysia yang Baru

Sementara sisa 49 persennya, akan dibagi antara kepada anak perusahaan IJM yakni Asas Panorama (60 persen). 

Taman ini bertujuan untuk memanfaatkan peningkatan aktivitas yang dimungkinkan oleh pengembangan Wilayah Ekonomi Pantai Timur Malaysia yang mencakup pembangunan East Coast Rail Link (Jaringan Kereta Api Pantai Timur) serta peningkatan infrastruktur jalan, udara, dan serat optik.

Dalam pernyataan pers Wakil Kepala Eksekutif IJM, Lee Chun Fai, mengatakan ini merupakan tonggak sejarah baru bagi perusahaan karena memulai kemitraan strategis dengan CHEC untuk merancang, mengembangkan, dan mengoperasikan MCKILP.

“Saya senang dengan peluang yang akan dibawa MCKILP ke daerah Pantai Timur Malaysia. Pengembangannya sangat tepat waktu dan akan menyediakan infrastruktur penting untuk meningkatkan kemampuan logistik dan rantai pasokan di sana,” ungkap Lee Chun Fai seperti dikutip dari Global Construction Review.

Taman baru ini dinilai akan menjadi pelengkap ekosistem industri, mendorong lebih banyak investasi ke kawasan Timur Malaysia.

Taman logistik ini akan berlokasi 10 km dari stasiun Pelabuhan Kuantan dan berjarak 25 km dari kota Kuantan.

Baca juga: Konglomerat Malaysia Incar Dua Megaproyek di Indonesia

Komponen logistik yang dihadirkan akan menyediakan koneksi antar moda antara peti kemas yang tiba di Pelabuhan Kuantan, sistem jalan raya nasional, bandara, dan jaringan kereta api pantai timur.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.