Kompas.com - 27/07/2022, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Signify meresmikan pabrik luminer cetak 3D keempatnya di dunia yaitu berlokasi di Kawasan Kawasan Industri Taman Tekno, Tangerang, (27/7/2022),

Country Leader Signify Indonesia Dedy Bagus Pramono mengatakan, Signify sebelumnya telah membuka pabrik luminer cetak 3D di Belgia, Amerika Serikat (AS), dan India.

"Satu dari empat pabrik di dunia (Indonesia). Pertama (dioperasikan) di Belgia, Amerika, dan India," ungkap Dedy dalam sambutannya sebelum acara peresmian tersebut, Rabu (27/7/2022).

Dedy mengatakan, Signify telah menjadi pemimpin industri lampu konvensional ke LED dan hal ini menjadi fokus utama bagi perusahaan.

Menurut dia, perseroan telah mencapai karbon netral pada tahun 2020 dan terus berinovasi agar terus berkembang lebih baik.

Sebelumnya, Signify telah resmi memperkenalkan fasilitas layanan pencahayaan pencetakan 3D untuk luminer di Indonesia.

Layanan ini memungkinkan konsumen menyesuaikan dan memesan luminer untuk dicetak secara 3D dari bahan yang dapat didaur ulang.

Baca juga: Signify Distribusikan Lampu di Kampung Terang Hemat Energi NTT

Pendirian fasilitas cetak 3D di Indonesia adalah bagian komitmen untuk mendukung ekonomi sirkular demi keberlanjutan yang lebih baik.

Produksi luminer cetak 3D memiliki jejak karbon 47 persen lebih rendah dibandingkan luminer logam yang diproduksi secara konvensional.

Signify diklaim telah menyempurnakan bentuk manufaktur yang sangat fleksibel dan lebih berkelanjutan dengan menggunakan bahan polikarbonat yang 100 persen dapat didaur ulang.

Dengan demikian, memungkinkan luminer didesain secara khusus atau disesuaikan tepat dengan kebutuhan pelanggan dan didaur ulang pada akhir masa pakainya.

Mesin cetak 3D luminer ini memungkinkan perusahaan menggunakan kembali bahan dasar sepenuhnya.

Selain itu, meninggalkan sangat sedikit limbah dan menciptakan siklus hidup produk yang sepenuhnya ramah lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.