Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digelar 15-16 Agustus 2022, Indonesia Retail Summit Ajak Bangkit Pelaku Industri

Kompas.com - 14/07/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) akan menyelenggarakan Indonesia Retail Summit pada 15-16 Agustus 2022 di Sarinah, Jakarta Pusat.

Ketua Indonesia Retail Summit 2022 Anne Patricia Sutanto mengatakan, selama pandemi berlangsung, para pelaku industri harus bekerja sangat keras untuk tetap bertahan.

Oleh karena itu, diperlukan praktik ritel baru untuk mengakomodasi situasi yang terjadi baik secara online maupun offline.

"Maka Hippindo berinisiatif untuk menyelenggarakan event tahunan yang mengumpulkan para pelaku usaha ritel dan asosiasi ritel mancanegara untuk saling terkoneksi dan berbagi informasi mengenai tren isu ritel Indonesia dan dunia," jelasnya dalam konferensi pers, Kamis (14/7/2022).

Acara ini diselenggarakan bertepatan dengan hari ulang tahun ritel modern pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, Sarinah, pada tanggal 15 Agustus 2022.

Baca juga: Indonesia, Pasar Ritel Terbesar ke-4 di Dunia

Rangkaian acara dalam Indonesia Retail Summit 2022 meliputi konferensi ritel selama dua hari, pameran ritel, pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) ke-6, serta peresmian Hari Retail Modern Indonesia (Harmoni).

"Kalau kita lihat motto tahun ini untuk Indonesia Retail Summit sejalan dengan B20 dan G20 kita yang akan dijalankan pada November 2022 di Bali," tambah Anne.

Pihaknya berharap, kegiatan ini bisa menyadarkan kembali para pelaku industri ritel untuk bersama-sama bangkit lebih kuat seperti sebelum pandemi.

Lanjut Anne, Indonesia Retail Summit dan HBDI adalah acara tahunan. Kali ini pihaknya akan bekerja sama dengan mal-mal di Jakarta atau kota-kota lain di mana Hippindo berada.

Menanggapi hal ini, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan bahwa konsumsi rumah tangga berperan lebih dari 53 persen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: Tahun 2022, Sektor Ritel Jakarta Diprediksi Membaik

"Pengaruhnya cukup besar, makin orang belanja makin tinggi pengaruhnya. Kalau ekonominya tumbuh, tentu daya beli tinggi, maka apabila inflasi naik tetapi masyarakat sudah pegang uang banyak jadi tidak akan berpengaruh," paparnya.

Menurut Zulkifli, sektor ritel memiliki kontribusi penting dalam pemenuhan konsumsi rumah tangga, baik secara online maupun offline.

"Indonesia Retail Summit meliputi HBDI, peresmian Harmoni 2022 merupakan kesempatan anggota Hippindo untuk dapat menggali sektor pasar secara masksimal dan mendorong pertumbuhan ekonomi," Zulkifli kembali menjelaskan.

Harapannya, kegiatan ini bisa meningkatkan konsumsi domestik, memfasilitasi pelaku UMKM dan bisnis ritel di seluruh Indonesia.

"Diharapkan bisa menarik wisatawan macanegera dan memperkenalkan budaya Indonesia," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com